Ketahuilah Bahaya Beli Make Up Bekas Secara Online

Banyak trend sekarang yang berkembang dari penjualan riasan bekas secara online nih yaitu Pre-loved yang berarti barang yang sebelumnya pernah dimiliki dan akan berpindah tangan kepada orang lain. tetapi para ahli memperingatkan tentang potensi jebakan kosmetik pre-loved ini, Scarflover. 

Dilansir dari houseofwellness.com, Sebuah Quick Search di media sosial mengungkapkan banyak riasan bekas yang dijual, mulai dari produk mewah kelas atas hingga merek terjangkau. Ada banyak pilihan, mulai dari alas bedak, perona mata, maskara hingga lipstik dan lip gloss yang ditawarkan.

image: freepik

 

Apakah aman menggunakan riasan bekas?

“Sebagai aturan umum, jika produk telah digunakan atau dibuka, maka tidak aman dipakai.” ucap praktisi perawat estetika The Wellness Group Madeline Calfas. Produk memiliki segel pengaman karena suatu alasan, katanya. “Kalau rusak jangan dibeli. Anda tidak tahu siapa yang telah melakukan apa terhadap produk tersebut,” kata Madeline.

Baca juga  Kosmetik Bernuansa Horor dari Kylie Cosmetics

 

Risiko kesehatan membeli riasan bekas

Madeline mengatakan riasan bekas dapat membuat Anda berisiko terkena infeksi serius. “Mungkin pemilik sebelumnya menderita konjungtivitis dan tidak mengetahuinya, atau memiliki jenis infeksi lain,” jelas Madeline.

Penata rias selebriti Stephanie J Lacorcia juga mengatakan riasan pre-loved bisa mengandung bakteri yang menyebabkan infeksi kulit, folikel rambut, atau jamur.

“Produk mata yang terkontaminasi dapat menginfeksi penggunanya seperti konjungtivitis, sedangkan herpes dapat ditularkan dari produk bibir apa pun,” ucapnya.

Untuk menjaga diri dari infeksi, kita harus menjaga kebersihan. Nah berikut tips untuk menjaga alat make-up yang ada tetap bersih serta higienis.

Baca juga  Inilah Sunscreen yang Ampuh Menahan Teriknya matahari

 

Bersihkan dalam pembersih kuas makeup

Gunakan pembersih dengan kandungan alkohol yang sangat tinggi. Lalu gosok sederhana, dan cobalah untuk mendisinfeksi alat dan produk.

 

Periksa use-by date di bagian bawah atau samping kemasan

Biasanya bernomor 6, 12 atau 24 di dalam simbol wadah, yang menunjukkan jumlah bulan barang harus disimpan setelah dibuka.

Sementara maksimal tiga hingga enam bulan untuk maskara jika digunakan setiap hari, apabila ada perubahan produk seperti menggumpal atau kering.

Berbelanja pre-loved memang diperbolehkan, tapi harus tetap berhati-hati ya Scarflover agar kulit kita tetap sehat dan cantik.

 

(NRN)

Translate »