Cara Menyimpan Granola Agar Tetap Renyah

Granola telah menjadi pilihan sebagai sarapan sehat untuk dikonsumsi pagi hari. Jika Anda memiliki stock granola yang banyak, Anda mungkin memperhatikan bahwa meskipun disimpan dalam wadah kedap udara, seiring berjalannya waktu, granola akan kehilangan kerenyahannya sedikit demi sedikit, hingga granola yang tadinya renyah berubah menjadi sesuatu yang kurang enak, tidak renyah dan kusam.

Karakter granola yang kering, maka penyimpanan granola stabil di rak dan dapat disimpan pada suhu kamar. Berikut ini cara menyimpan granola di dapur:

Baca juga  Olah 5 Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos, Bikin Subur Tanaman!

1. Biarkan granola mendingin hingga mencapai suhu ruangan sebelum disimpan untuk mencegah kondensasi membuat granola menjadi lembek.

2. Setelah dingin, masukkan granola ke dalam wadah kedap udara. Anda dapat menggunakan wadah tertutup apa pun. Saya paling suka kotak penyimpanan sereal karena mudah dituang. Anda juga bisa menggunakan kantong Ziploc, namun pastikan untuk mengeluarkan udara sebanyak mungkin dari dalam kantong. Keluarkan udara dengan cara memeras atau menggunakan sedotan untuk menyedot udara berlebih. Penyegelan vakum juga merupakan pilihan yang baik jika Anda memiliki peralatannya (penghemat makanan greyon ini bagus)!.

Baca juga  Manfaat dari Bagian Buah Sawo untuk Kesehatan

3.Tutup wadah atau tas dan simpan di lemari yang gelap dan kering, jauh dari sumber panas utama.

4. Granola akan tetap seperti ini hingga 6 bulan. Jika Anda tinggal di lingkungan yang panas dan lembab, umur simpannya akan sekitar 2-3 bulan. Uji granola Anda sesering mungkin dan jika Anda merasa granola sudah basi, pertimbangkan untuk membekukannya untuk memperpanjang umurnya.

Translate »