Inilah! Penjelasan Penyakit Langka yang Diderita Oleh Anak Oki Setiana Dewi

Baru-baru ini, Oki Setiana Dewi memberikan informasinya mengenai penyakit yang tengah di derita Sulaiman. Anak keempat Oki Setiana Dewi, Sulaiman, sudah menjalani operasi di RSCM. Sulaiman mengidap penyakit Prader Willi Syndrome (PWS).

Image : Instagram/okisetaianadewi

Melansir dari YouTube Starpro Indonesia, Oki Setiana Dewi menjelaskan bawa “Sindrom Prader Willi ini secara garis besar adalah dia tidak mengenal rasa kenyang,” kata Oki.Sindrom Prader Willi.

 

Penjelasan penyakit Sindrom Prader Willi

Melansir dari halodoc.com, Sindrom Prader Willi atau Prader Willi Syndrome, merupakan salah satu penyakit genetik yang disebabkan oleh gangguan pada kromosom 15, sehingga menyebabkan kelainan pada banyak sistem pada tubuh pengidapnya. Penyakit ini pertama kali disampaikan oleh Langdon Down pada akhir tahun 1800-an. Nama penyakit ini berasal dari Andrea prader, Heinrich Willi, dan Alexis Labhart yang menjelaskan mengenai penyakit ini dengan lebih rinci pada tahun 1956.

Baca juga  Aturan Penyembelihan Hewan Kurban di Tengah Pandemi Covid-19

kelainan ini memiliki beberapa ciri khas, seperti berkurangnya aktivitas janin saat kehamilan, hipotonus, keterbelakangan mental, obesitas, perawakan pendek, hipogonadisme, strabismus, dan ukuran tangan dan kaki yang kecil.

 

Gejala Sindrom Prader Willi

Gejala pada penyakit ini banyak terjadi, mulai dari masa dalam kandungan hingga saat dewasa. Anatara lain:

  • Saat Masa Kehamilan dan Kelahiran
  • Gerakan janin yang berkurang
  • Posisi janin yang abnormal
  • Polihidramnion (cairan ketuban yang berlebihan);
  • Kelahiran dengan operasi sesar atau lahir dengan kaki atau bokong terlebih dahulu
  • Gangguan makan akibat gangguan refleks hisap
  • Sulit bernapas
Baca juga  Intip Toko Kelontong Indonesia Pertama di Lynnwood, Amerika Serikat

 

Scarflover, pada kasus penyakit ini belum ada obatnya, karena tindakan pengobatan yang dilakukan dapat menimbulkan berbagai komplikasi, seperti obesitas hingga gangguan perilaku.

 

 

(DT)

Translate »