5 Mitos Tentang Kehamilan Yang Ternyata Hoax!

Beberapa Mitos Kehamilan

169

Bagi calon ibu yang berada di kehamilan pertamanya pasti sering dihantui dengan berbagai larangan dari banyak orang. Mulai dari ibu, mertua, sahabat, bahkan tetangga ikut mengomentari tentang hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat dengan hamil.

image: pexels

Tapi ternyata gak semua informasi tersebut akurat loh. Masih banyak sekali mitos mengenai ibu hamil yang beredar dan dipercaya. Apa saja sih mitos-mitos tersebut? Dilansir dari beberapa sumber berikut 5 Mitos kehamilan yang ternyata tidak benar adanya!

 

Tidak boleh mengonsumsi buah nanas

Mitos yang satu ini masih sering banget jadi perdebatan di masyarakat karena konon katanya dapat menyebabkan keguguran atau persalinan dini. Padahal tidak ada bukti medis apapun yang mengatakan bahwa nanas dapat memicu keguguran.

 

Ibu hamil harus makan dengan porsi yang lebih banyak

Hal ini sering dianjurkan oleh para ibu atau mertua agar sang anak tidak akan kekuranan gizi dan janin dapat bertumbuh dengan baik. Tapi ibu hamil tidak boleh makan yang terlalu berlebih juga karena penambahan berat badan yang terlalu banyak juga tidak baik bagi perkembangan janin. Jadi makan secukupnya aja yang penting nutrisi tetap terpenuhi.

 

Tidak menuruti permintaan ibu hamil

Permintaan ibu hamil atau yang sering disebut dengan ‘ngidam’, ketika tidak dituruti akan menyebabkan bayi ‘ileran’. Padahal ‘ngidam’ sendiri bisa menjadi pertanda ibu sedang kekurangan zat gizi atau sedangan mengalami perubahan hormon. Hal ini tidak mempengaruhi apapun kok untuk sang calon bayi.

 

Terlalu sering USG tidak baik untuk janin

Bagi ibu muda, mungkin waktu USG adalah hal yang ditunggu-tunggu karena dapat melihat pergerakan sang buah hati. Tapi banyak orang bilang bahwa terlalu sering USG dapat membahayakan si janin. Hal ini tentunya salah besar, prosedur USG sudah ditentukan sedemikian rupa agar aman untuk digunakan.

 

Tidak boleh meyetir

Kalau mitos ini biasanya dikaitkan dengan keselamatan. Memang benar perut ibu hamil mulai membesar tapi bukan berarti dilarang untuk berkendara.

Itu dia tadi beberapa mitos yang sering didengar ketika sedang berada dalam masa kehamilan. Tidak perlu takut, selalu konsultasikan keluhan Anda ke dokter dan perjalanan kehamilan pasti akan menyenangkan tanpa terhantui mitos-mitos yang beredar.

(MH)