Intip Toko Kelontong Indonesia Pertama di Lynnwood, Amerika Serikat

Penuh lika-liku surat izin usaha.

33

Maya Damayanti, diaspora asal Bandung yang menetap hampir 20 tahun di Kota Lynnwood, Greater Seattle, Washington, resmi membuka supermarket Indonesia di sana.

Pada 27 Agustus 2022 siang waktu setempat, Konjen RI San Francisco, Prasetyo Hadi, turut hadir bersama asosiasi sister city Indonesia-Seattle, wakil dari beberapa perusahaan mitra KJRI San Francisco, tokoh masyarakat Indonesia, serta para diaspora Indonesia.

“KJRI San Francisco ikut bangga atas upaya dan kegigihan Ibu Maya mewujudkan toko produk Indonesia dan terus mendukung serta membantu mempromosikan toko-toko Indonesia kepada seluruh mitra di wilayah kerja Pantai Barat Utara AS. Pembukaan toko Maya ini merupakan salah satu kado indah HUT Kemerdekaan ke-77 Indonesia di bulan Agustus 2022″, pujinya dikutip dari www.kemlu.go.id

Toko grosir bernama “Maya Asian Market” itu menjual berbagai produk makanan dan minuman Indonesia seperti mie instan, minuman dan obat herbal, makan ringan, cemilan, bumbu-bumbu jadi, tempe, bakwan, bakso, kopi, teh dan berbagai minuman kemasan, serta berbagai produk Indonesia lainnya yang digemari masyarakat keturunan Indonesia bahkan Asia di kawasan itu.

Peresmian Supermarket “Maya Asian Market”, Image: Dok. Kemlu

Maya menuturkan bahwa proses perizinan untuk pembukaan tokonya cukup panjang dan berliku, melibatkan berbagai pihak di antaranya kantor perijinan Kota Lynwood, arsitek, kontraktor, pemadam kebakaran, otoritas listrik, tukang ledeng, dan pemasok barang dan bahan makanan.

“Dari mulai merintis sejak tahun 2021, persiapan dan koordinasi memastikan pasokan barang dan makanan yang aman, hingga izin persetujuan dari Pemerintah Kota, prosesnya sekitar setahun”, bebernya.

Maya berharap dengan didirikannya supermarket tersebut, dapat mengobati kerinduan banyak masyarakat dan diaspora Indonesia di sekitar Seattle untuk berbelanja barang dan bahan makanan Indonesia.

Diharapkan pula akan mendukung peningkatan ekspor produk Indonesia serta membantu pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi.