Apakah Nizoral Pengobatan Jerawat yang Efektif?

Nizoral adalah resep topikal antijamur yang digunakan untuk mengobati berbagai infeksi jamur. Nizoral digunakan untuk mengobati panu, suatu kondisi yang menyebabkan bercak kulit bersisik lebih terang atau lebih gelap.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa Nizoral adalah pengobatan yang efektif untuk jerawat yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang berlebihan.

Image : freepik

Apa itu Nizoral?

Melansir dari healthline, Nizoral adalah nama merek obat antijamur ketoconazole. Obat ini tersedia dalam berbagai bentuk, seperti krim topikal, shampo, dan obat oral .

Ini sering digunakan untuk mengobati kondisi berikut:

  • panu versikolor
  • kaki atlet
  • infeksi jamur di selangkangan
  • beberapa jenis ketombe
  • kurap

Selain Nizoral, antijamur topikal lainnya mungkin membantu mengobati jerawat jamur. Scarflover bicaralah dengan dokter untuk mengetahui mana yang paling cocok untuk Anda.

Baca juga  Koleksi Makeup Dior Backstage Akhirnya Resmi Hadir di Indonesia

 

Apakah bisa membantu mengobati jerawat?

Jamur dapat menyebabkan jenis jerawat yang secara medis dikenal sebagai pityrosporum folliculitis . Ini lebih dikenal sebagai jerawat jamur.

Kondisi ini biasanya menyebabkan sekelompok benjolan kecil dan gatal di bagian kulit yang berminyak, seperti punggung, dada, bahu, atau wajah.

Tidak seperti jerawat biasa , yang disebabkan oleh penumpukan minyak dan bakteri, jerawat jamur tidak merespon pengobatan jerawat tradisional. Namun, karena Nizoral (ketoconazole) terutama menargetkan pertumbuhan infeksi jamur, ini bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk jerawat jamur.

Baca juga  5 Kesalahan dalam Penggunaan Makeup yang Harus Dihindari

 

Cara menggunakan Nizoral untuk jerawat jamur

Sebelum menggunakan Nizoral atau krim ketoconazole topikal lainnya, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau dokter kulit bahwa Anda memiliki jerawat jamur. Ketoconazole tidak efektif untuk mengobati jerawat yang disebabkan oleh bakteri.

Tidak ada petunjuk pengobatan standar untuk menggunakan ketoconazole untuk jerawat. Dokter Anda dapat memberi Anda instruksi khusus ketika mereka menulis resep untuk Anda.

 

Beberapa penelitian kecil telah menunjukkan bahwa ketoconazole mungkin efektif untuk mengobati jerawat yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang berlebihan. Namun, itu bukan pengobatan yang efektif untuk jerawat bakteri.

 

 

(DT)

Translate »