Penyebab Belekan Pada Bayi

Dan Cara Menanganinya!

123

Belekan merupakan hal normal yang dialami semua orang tak terkecuali bayi. Mata bayi belekan merupakan kondisi normal yang sering terjadi pada bayi baru lahir. Setidaknya 1 dari 5 bayi yang baru lahir mengalami belekan saat beberapa minggu baru lahir.

image: unsplash

Namun ternyata Anda tidak bisa menyepelekan hal ini. Mata bayi belekan ternyata memiliki beberapa faktor penyebab yang dapat membuat Si Kecil kesulitan untuk membuka matanya. Berikut ini beberapa penyebabnya!

 

Infeksi

Infeksi menjadi salah satu penyebab belekan pada bayi. Infeksi dapat terjadi saat proses persalinan normal, dimana virus atau bakteri dari ibu dapat ditularkan pada bayi. Risiko belekan ini akan semakin besar apabila sang ibu menderita infeksi jalan lahir seperti herpes atau gonore.

 

Alergi

Saat bayi mengalami belekan, bisa saja itu menandakan bahwa ia mengalami alergi. Bersin-bersin, mata merah dan berair merupakan gejala lain dari alergi yang dialami oleh bayi. Kondisi alergi ini biasanya akan mereda dalam beberapa waktu. Apabila kondisi tak kunjung mereda, sebaiknya Anda dapat menghubungi dokter.

 

Perkembangan saluran air mata yang belum sempurna

Bayi yang baru lahir biasanya memiliki beberapa bagian tubuh yang belum sempurna dalam perkembangannya, termasuk saluran air mata. Belekan yang terjadi pada bayi biasanya terjadi karena perkembangan saluran air mata yang belum sempurna.

Hal ini mengakibatkan air mata yang seharusnya mengalir ke seluruh permukaan mata jadi tertahan di sudut mata dan tercampur debu, kotoran, sel kulit mati, bahkan benda asing yang berada di sekitar mata.

 

Cara Menangani Belekan Pada Bayi

Tidak perlu khawatir berlebihan, belekan pada bayi dapat hilang tanpa perawatan apapun. Pastinya Anda harus menanganinya dengan cara membersihkan belek yang ada pada anak Anda. Untuk itu Anda dapat menyiapkan kapas, cotton bud, dan air hangat. Bersihkan bagian belekan pada bayi menggunakan kapas atau cotton bud yang telah diberi air hangat secara lembut.

(HV)