Apakah Makanan Mentah Lebih Sehat Dari Makanan yang Dimasak, Saat Diet?

Makanan yang Cocok Untuk Diet Sehat

19

Memasak makanan dapat meningkatkan rasanya, tetapi juga mengubah kandungan nutrisinya.Menariknya, beberapa vitamin hilang saat makanan dimasak, sementara yang lain menjadi lebih tersedia untuk digunakan tubuh Anda. Beberapa mengklaim bahwa makan terutama makanan mentah adalah jalan menuju kesehatan yang lebih baik. Namun, makanan matang tertentu memiliki manfaat nutrisi yang jelas.

image: pexels

Apa itu Diet Makanan Mentah?

Makanan mentah adalah makanan yang belum dimasak atau diproses. Meskipun ada berbagai tingkat makanan mentah, semuanya melibatkan makan sebagian besar makanan yang tidak dipanaskan, tidak dimasak, dan tidak diproses. Diet sering mencakup makanan fermentasi, biji-bijian bertunas, kacang-kacangan dan biji-bijian, selain buah-buahan dan sayuran mentah.Banyak pecinta makanan mentah mengkonsumsi makanan vegetarian atau vegan , menghilangkan produk hewani dan kebanyakan makan makanan nabati mentah.

Selain itu, beberapa makanan mengandung bakteri dan mikroorganisme berbahaya yang hanya bisa dihilangkan dengan memasak. Makan makanan yang sepenuhnya mentah yang mencakup ikan dan daging memiliki risiko mengembangkan penyakit yang ditularkan melalui makanan.

Makanan yang Dimasak Lebih Mudah Dikunyah dan Dicerna

Makanan yang dikunyah dengan tidak benar jauh lebih sulit bagi tubuh untuk dicerna dan dapat menyebabkan gas dan kembung. Selain itu, membutuhkan lebih banyak energi dan upaya untuk mengunyah makanan mentah dengan benar daripada yang dimasak.

Memasak biji-bijian dan kacang – kacangan dengan benar tidak hanya meningkatkan daya cernanya, tetapi juga mengurangi jumlah zat antinutrisi yang dikandungnya. Antinutrisi adalah senyawa yang menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dalam makanan nabati.Beberapa makanan yang dimasak dapat memberi tubuh lebih banyak nutrisi daripada makanan mentah karena lebih mudah dikunyah dan dicerna.

 

Scarflover beberapa makanan lebih bergizi saat dimakan mentah, sementara yang lain lebih bergizi setelah dimasak. Namun, tidak perlu mengikuti diet yang sepenuhnya mentah untuk kesehatan yang baik. Untuk manfaat kesehatan yang paling banyak, makanlah berbagai makanan mentah dan matang yang bergizi.

(DT)