6 Makanan Khas Danau Toba dengan Cita Rasa yang Menggugah

Jika membicarakan makanan khas Indonesia, mulai dari Sabang sampai Marauke pasti tidak ada habisnya. Sama seperti alamnya yang sangat kaya, makanan khas Indonesia juga sangat kaya dan rasanya tidak perlu diragukan lagi.

Setiap daerah mempunyai keunggulannya tersendiri mengenai makanan khasnya, tidak terkecuali makanan khas dari Danau Toba. Ya, selain pemandangannya yang memesona, kuliner atau makanan khas daerah Danau Toba juga mempunyai cita rasa yang menggoda, lho, Scarf Lover!

Dilansir dari laman indonesia.travel, berikut ini rekomendasi makanan khas Danau Toba yang menggugah selera.

 1. Ombus-ombus

Image: pinterest

Ombus-ombus merupakan merupakan kudapan manis khas Toba. Kudapan ini terbuat dari tepung beras, kelapa, dan gula merah. Biasa dijadikan menu sarapan bersama teh atau kopi dan termasuk salah satu kudapan wajib pada beberapa upacara adat tertentu. Bentuknya menyerupai kerucut dan rasanya yang nikmat, sangat cocol disantap selagi hangat sambil ditiup perlahan. Mengapa sambil ditiup? Karena nama ombus-ombus ini pada dasarnya berasal dari bahasa Batak yang berarti ditiup-tiup.

2. Arsik, ikan mas bumbu kuning yang melegenda

Image: KlikBatak.com

Jika Scarf Lover adalah pencinta kuliner pedas dan sedang ada di Toba, Anda harus mencoba kuliner yang menggugah rasa seperti Ikan Arsik ini. Makanan ini juga dianggap sebagai simbol doa dan berkat pada proses pernikahan adat Batak. Komposisi ikan arsik ini terdiri dari ikan mas atau ikan nila, kemudian diberi bumbu kuning dengan cita rasa pedas dan asam yang khas. Patut banget dicoba, lho!

Baca juga  Inilah 8 Cara Unik Menikmati Kopi Dari Berbagai Negara

 3. Sambal tuk-tuk 

Image: cookpad.com

Sambal tuk-tuk merupakan khas Medan. Ya, sambal ini memang berbeda dari jenis kebanyakan sambal lainnya, karena di dalam sambal tuk-tuk terdapat andaliman atau sering disebut sebagai merica Batak. Untuk menikmati sambal tuk-tuk ini, bahan-bahannya terdiri dari cabai merah keriting, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, kemiri, andaliman, perasan air jeruk nipis dan ikan asin. Sambal tuk-tuk juga sangat cocok dinikmati untuk dipadukan dengan berbagai macam gorengan.

4. Mi gomak 

Image: nusadaily.com

Makanan yang satu ini tidak boleh tertinggal keika Scarf Lover berada di Toba, yaitu Mi Gomak. Banyak orang menyebutnya dengan “Spaghetti” ala Danau Toba. Mi ini  memiliki tekstur yang kenyal dengan ukuran yang lebih besar dari jenis mi lainnya. Mi gomak pada umumnya diolah menjadi dua macam hidangan, yaitu mi gomak kuah atau mi gomak goreng. Bumbu pelengkapnya dapat memakai santan dan tambahan andaliman, asam patikala atau kecombrang.

Baca juga  Cara Meningkatkan Komunikasi Anak dan Orang Tua

 5. Na Niura 

Image: wikipedia

Kulineran di Toba memang tidak ada habisnya. Ada Na Niura. Makanan ini ternyata sudah mendunia, dan saking populernya, bahkan na niura disebut-sebut sebagai sashimi khas Batak. Na niura memang sangat menggugah ketika disantap dalam keadaan mentah, persis seperti sashimi dari Jepang. Cita rasa yang segar dan dilengkapi dengan bumbu asam dan rempah yang melimpah sangat nikmat untuk disantap bersama orang tersayang.

 6. Manuk Napinadar

Image: borukaro.com

Terakhir, ada kuliner menggoda bernama Manuk Napinadar. Makanan Manuk Napinadar ini merupakan sebutan ayam bagi masyarakat sekitar Danau Toba. Olahan ayam yang kaya akan rempah ini biasa dihidangkan dalam upacara pada acara adat tertentu. Manuk napinadar dapat dimasak dengan kelapa parut sangrai dan tambahan andaliman, sehingga menciptakan cita rasa unik yang menggugah selera.

Itulah beberapa makanan khas destinasi super prioritas, Danau Toba yang dapat Scarf Lover nikmati ketika berkunjung. Tentunya tetap harus melakukan protokol kesehatan, ya! (AR)

Translate »