Perhatikan! Ini Tanda Pelembap Anda Tidak Bekerja dengan Baik

138

Mencari produk skincare yang cocok tentu tidak mudah, karena setiap produk memiliki karakteristik serta kandungan yang berbeda-beda, tidak semua kulit bisa menerimanya. Untuk itu, pencarian skincare akan sangat membutuhkan waktu.

Misalnya pelembab, jenis kulit apapun wajib untuk menggunakan pelembap karena memiliki ragam manfaat. Mengingat pelembab digunakan sehari-hari, tentu Anda harus membuktikan sendiri produk mana yang benar-benar cocok untuk Anda.

Menyadur The Klog, berikut ini adalah tanda-tanda pelembab Anda tidak bekerja dengan baik, dan artinya Anda harus segera mencari penggantinya.

image: freepik
  1. Wajah terasa kencang

Jika Anda telah mencoba pelembap selama beberapa waktu lalu mendapati kulit terasa kencang dan tidak nyaman, artinya pelembab tersebut kurang cocok untuk Anda. Kulit yang terasa kencang diakibatkan karena rusaknya skin barrier Anda. Hal tersebut bisa terjadi karena Anda tidak cocok dengan salah satu kandungan tersebut, misalnya terlalu banyak kandungan eksolfiasinya, atau pelembab tersebut tidak cocok digabungkan dengan produk skincare lainnya.

  1. Wajah jadi lebih kering

Tanda-tanda selanjutnya adalah kulit akan terasa jadi lebih kering dan bahkan bersisik. Hal tersebut bisa disebabkan karena formula pelembap yang kurang cocok untuk Anda, terutama bila kulit Anda memang memiliki tipe yang kering. Formula yang kurang pas justru membuat kulit terasa makin kering. Pilih kandungan yang dikenal bisa sangat melembapkan dan menjaga skin barrier, seperti jojoba oil, shea butter, evening primrose oil atau almond oil.

  1. Wajah jadi lebih berminyak

Wajah Anda jadi lebih berminyak setelah 30 menit pelembap diaplikasikan? Artinya pelembab tersebut bukan untuk Anda. Bagi pemilik kulit berminyak tentu akan menginginkan produk skincare yang bisa menyeimbangkan kadar minyak pada wajah. Tentu jika hasilnya makin berminyak, akan membuatnya tidak nyaman. Masalah tersebut muncul karena kandungan pelembap yang terlalu berat, maka dari itu pilih yang lebih ringan atau yang memiliki tipe gel serta berbahan dasar air.

  1. Wajah jadi breakout

Terakhir, wajah jadi breakout, muncul jerawat dan juga komedo. Bila Anda hanya menggunakan produk pelembap baru kemudian muncul breakout, maka lebih baik cari pelembap lain ya, Scarf Lover, terutama untuk Anda yang memiliki tipe kulit acne prone. Formula yang tidak pas bisa membuat pori-pori jadi tersumbat dan akhirnya memunculkan masalah tersebut. Anda bisa menggantinya dengan produk yang tidak hanya berfokus untuk mengatasi jerawat, namun juga tetap melembapkan dan juga menghidrasi sehingga lebih seimbang. Perhatikan juga kandungan lainnya, karena pemicu breakout juga bisa dikarenakan Anda alergi dengan salah satu kandungan tersebut.

(AA)