5 Bahan Alami yang Dapat Mencegah Bintik Hitam pada Kulit Wajah

Bintik hitam menjadi ciri dari hiperpigmentasi kulit yang bisa terjadi karena gaya hidup tidak sehat, sinar matahari, konsumsi obat tertentu, dan penuaan kulit. Perubahan warna kulit seperti bintik hitam dapat memengaruhi penampilan. Kondisi tersebut dapat diobati di rumah, menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat dan dikenal sangat efektif dalam mengatasi perubahan warna kulit. Yuk simak apa saja bahan alami yang dapat mencegah bintik hitam dan hiperpigmentasi lain.

1. Cuka Sari Apel

Kandungan cuka sari apel yang kuat dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit, cuka sari apel telah banyak digunakan untuk membantu mengatasi berbagai masalah pigmentasi. Cuka ini mengandung asam asetat, yang memiliki efek serupa seperti pengelupasan kimiawi ringan, dan polifenol, bahan kimia organik yang bertindak sebagai antioksidan sehingga melindungi kulit Anda dari radikal bebas. Buatlah campuran cuka sari apel dan air dalam jumlah yang sama, lalu oleskan pada flek dan bercak hitam. Cuci dengan air hangat setelah beberapa menit, dan ulangi prosedur ini dua kali sehari untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Baca juga  Kenalan Yuk dengan Bakuchiol

2. Bawang Merah

Senyawa tertentu yang ditemukan dalam allium cepa, atau bawang merah, dapat bertindak sebagai bahan pemutih kulit yang efisien karena sifat uniknya dalam menghambat aktivitas sel yang bertanggung jawab menghasilkan pigmentasi berlebih. Karena hasilnya yang mengesankan, ekstrak bawang merah bahkan digunakan dalam berbagai produk kosmetik yang dibuat untuk mencerahkan bekas luka dan mengurangi pigmentasi kulit. Cara termudah untuk menggunakan bawang merah di rumah adalah dengan menggilingnya dan memasukkannya ke dalam kantong teh kosong, yang kemudian akan Anda oleskan pada area berpigmen.

3. Teh Hijau

Ekstrak teh hijau digunakan untuk mengurangi munculnya bintik hitam. Salah satu bahan utama teh hijau, dapat memblokir aktivitas sel tertentu yang dapat menyebabkan pigmentasi berlebih. Selain itu, daun teh hijau kaya akan asam galat dan ellagic yang diketahui dapat memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan. Masukkan kantong teh hijau ke dalam air panas dan biarkan hingga lima menit. Setelah dingin, oleskan pada area berpigmen. Ulangi dua kali sehari hingga mencapai hasil yang terlihat.

Baca juga  Siap Luncurkan Inovasi baru, SK-II Hadirkan 6 Series dan SK-II City

4. Vitamin C

Vitamin C, terutama bila digunakan dalam bentuk asam sitrat atau asam askorbat, diketahui secara signifikan mengurangi pigmentasi dan bintik hitam, serta memperbaiki warna kulit dan penampilan. Sebagai antioksidan, vitamin C juga melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas dan membantu mencerahkan lapisan atas kulit. Mengoleskan buah-buahan kaya vitamin C, seperti pepaya, grapefruit, jeruk, atau lemon langsung ke area kulit yang hiperpigmentasi akan membuat kulit menjadi lebih cerah seiring berjalannya waktu.

5. Susu

Berbagai jenis susu, seperti susu segar, susu asam, buttermilk, bahkan yogurt dinilai efektif mengatasi gangguan pigmentasi kulit. Alasannya adalah asam laktat, salah satu bahan yang umum digunakan dalam pengelupasan kimiawi untuk mencerahkan bintik hitam dan meratakan warna kulit. Oleskan susu langsung pada area kulit yang terdapat flek hitam, atau gunakan kapas yang sebelumnya telah direndam dalam susu. Biarkan selama beberapa menit, bilas, dan ulangi prosedur ini dua kali sehari untuk hasil terbaik

Translate »