Museum Terbaik untuk Dikunjungi di Sofia, Bulgaria

134

Sofia adalah ibu kota negara Balkan Bulgaria. Letaknya di bagian barat, di bawah Gunung Vitosha. Landmark kota ini mencerminkan lebih dari 2.000 tahun sejarah, termasuk pendudukan Yunani, Romawi, Ottoman, dan Soviet. Gereja Boyana Abad Pertengahan memiliki lukisan dinding abad ke-13.

Dibangun oleh orang Romawi pada abad ke-4, Gereja St. George Rotunda memiliki dekorasi abad pertengahan dan Ottoman yang berasal dari abad ke-10

Sofia memiliki hampir 30 museum di mana Anda dapat melihat sebagian besar harta nasional Bulgaria dan belajar tentang naik turunnya sejarah Bulgaria. Namun, jika Anda hanya memiliki waktu terbatas di Sofia, berikut adalah daftar museum terbaik untuk dikunjungi.

1. National History Museum

Image: mademebulgaria.com

Dengan hampir 700.000 pameran yang ada, Museum Sejarah Nasional adalah museum terbesar di Bulgaria dan salah satu yang terbesar di Semenanjung Balkan. Anda akan melakukan perjalanan melalui waktu dari prasejarah melalui harta emas kuno yang luar biasa hingga sejarah terbaru. Museum ini bertempat di gedung bekas kediaman pemerintah komunis di distrik Boyana, di pinggiran Sofia. Museum ini mencakup ruang ganti, kafe, perpustakaan, dan toko souvenir. Koleksinya terdiri dari bahan-bahan yang berasal dari zaman prasejarah hingga saat ini.

2. National Museum of Natural History

Image: inyourpocket.com

Bagi pecinta alam, ini adalah tempat di mana Anda dapat menghabiskan beberapa jam menjelajahi flora dan fauna Bulgaria. Ribuan kupu-kupu, serangga, mamalia, tumbuhan, dan mineral – secara total, lebih dari 1,5 juta pameran menanti Anda di National Museum of Natural History. Anda juga akan melihat sebongkah batu dari Bulan – hadiah dari Amerika Serikat dan Rusia atas peran yang dimainkan Bulgaria dalam penelitian luar angkasa. Museum ini juga menyelenggarakan lokakarya dan acara pendidikan khusus untuk anak-anak, jadi sangat cocok mengajak buah hati Anda ke tempat ini.

3. Sofia History Museum

Image: balkanheritage.org

Museum ini akan mengenalkan Anda melewati masa lalu ibu kota Bulgaria. Anda dapat naik trem dari awal abad lalu, melihat kereta raja dan rumah neolitik. Ini juga memungkinkan Anda menemukan album foto interaktif yang menunjukkan mode dan bangunan terkemuka dari masa lalu. Museum Sejarah Sofia terletak di bangunan bekas Pemandian Mineral Pusat, di belakang Masjid Banya Bashi. Ada air mancur minum mineral di sebelah kanan pintu masuk (saat Anda menghadap ke gedung). Menarik, bukan?

4. National Archaeology Museum

image: flickr.com

Dengan masuk ke dalam gedung ini Anda akan dapat merasakan kekaguman para arkeolog yang mengungkap masa lalu negara sepotong demi sepotong. Museum ini menyelenggarakan berbagai pameran tematik yang didedikasikan untuk periode sejarah yang berbeda atau temuan kuno tertentu.

Museum ini secara resmi dibuka dan diresmikan pada tahun 1905, karena pada saat itu semua pameran arkeologi yang sebelumnya disimpan di seluruh kota dipindahkan ke sana, di hadapan Knyaz Ferdinand dari Bulgaria dan Menteri Pencerahan Ivan Shishmanov. Beberapa aula tambahan dan bangunan administrasi museum dibangun pada tahun-tahun berikutnya, yang terus menggunakan bangunan batu bersejarah masjid tua meskipun kondisinya sering tidak menguntungkan, terutama kelembaban di musim panas. Museum ini memiliki lima ruang pameran: Balai Pusat, Prasejarah, Abad Pertengahan, Harta Karun, dan pameran sementara khusus. Museum ini juga dikelola oleh Bulgarian Academy of Sciences.

(AR)