5 Destinasi Wisata Jepara, Tanah Kelahiran Sosok Ibu Kartini

Kabupaten Jepara, Jawa Tengah menjadi tempat lahir salah satu pahlawan Indonesia yaitu Kartini. Sosok aktivis emansipasi wanita bernama lengkap Raden Ayu Adipati Kartini Djojoadhiningrat lahir pada 21 April 1879 di Jepara. Semasa hidupnya Kartini terkenal memperjuangkan kedudukan kaumnya, terutama wanita Jawa dan berhasil keluar dari stigma wanita tidak berpendidikan menjadi wanita berprofesi dan berpendidikan tinggi. Jejak peninggalan Kartini bisa kalian nikmati bersama objek wisata yang ada di Jepara. Yuk simak apa saja objek wisata yang wajib kalian kunjungi jika ke Jepara, berikut ini.

1. Monumen ari-ari Kartini

Image: X.com

Monumen ari-ari Kartini berada di Desa Pelemkerep, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara. Konon di tempat itulah, ari-ari atau plasenta RA Kartini saat dilahirkan dikuburkan. Monumen tersebut didirikan pada 1979 yang menyerupai bunga teratai bermakna kelahiran. Bunga teratai ini memiliki empat buah lampu bulan yang menandakan bulan April, kemudian kuncup kedua dari atas berjumlah 21 dan kuncup paling bahwa berjumlah 18. Ukiran bawah berjumlah tujuh, menujukan angka tujuh. Sedangkan kuncup paling atas menunjukan angka sembilan. Jika dirangkai keseluruhan menjadi tanggal kelahiran RA. Kartini, yaitu 21 April 1879.

Baca juga  Melihat Indahnya Matahari Tenggelam di Pantai Kesirat

2. Museum R.A. Kartini

Image: museum.co.id

Jika kalian ingin mengetahui beragam peninggalan Kartini, seperti pakaian, buku, dan dokumentasi sosok Kartini bisa mengunjungi museum yang berlokasi di Jl. Kartini, Panggang I, Panggang.

Pada saat diresmikan, museum ini terdiri dari tiga gedung utama yang jika dilihat dari atas, gedung tersebut membentuk huruf “K”, “T” dan “N” yang merupakan singkatan dari Kartini.

3. Pendopo Kabupaten Jepara

Image: goodnewsfromindonesia.com

Pendopo Kabupaten Jepara menjadi saksi kehidupan Kartini dan keluarganya. Mulai sejak usia 2 tahun, menjalani masa pingitan hingga menghasilkan gagasan emansipasi perempuan. Saat ini pendopo yang berlokasi di Jl.  Kartini, Panggang I, Panggang tidak hanya menjadi tempat penyelenggaraan secara adat, namun juga sebagai tempat berkumpul orang banyak dan menerima tamu.

Baca juga  Tempat Wisata Dubai Yang Terinspirasi Oleh Al-Quran

4. Taman Nasional Karimunjawa

Image: tripadvisor.com

Jika Scarflover ingin berwisata alam yang dekat dengan kota Jepara, bisa mengunjungi Taman Nasional Karimunjawa yang letaknya di utara pulau Jawa. Beragam ekosistem flora dan fauna yang beragam disini. Dari segi flora, ada tiga tumbuhan yang dilindungi di kawasan ini, yaitu Pohon Dewandaru, Pohon Kalimasada, dan Pohon Stigi. Sedangkan dari segi fauna berupa rusa, trenggiling, landak, ular, bangau, elang laut, hingga wedi-wedi. Sedangkan fauna air di kawasan ini berupa terumbu karang, spons, karang lunak, akar bahar, kerang merah, penyu hijau dan sisik, hingga ikan hias.

5. Air Terjun Songgolangit

Image: tripadvisor.com

Daya tatrik dari air terjun yang memiliki ketinggian 80 meter ini menawarkan keindahan alam yang memukau dan udara yang sejuk. Berada di Jepara, Dinamakan Air Terjun Songgo Langit karena dilihat dari bawah tebing, bentuk air terjun seperti menyangga langit yang berada di atasanya.

Translate »