Pengobatan Rumahan Alami untuk Alergi Kulit

Alergi bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Jika sudah muncul alergi tentu saja tidak akan membuat Anda nyaman untuk melakukan aktivitas apapun.

Umumnya, masalah alergi ditandai dengan kondisi kulit merah-merah, gatal dan terasa panas. Alergi kulit biasanya terjadi ketika sistem kekebalan mengalami ancaman dari yang dirasakan dan biasanya tidak berbahaya bagi tubuh.

Membatasi kontak dengan alergan merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menghindari kulit dari alergi. Akan tetapi jika Anda tidak sengaja bersentuhan dengan alergan, jangan khawatir karena ada beberapa cara rumahan yang bisa Anda lakukan.

1. Lidah buaya

image: freepik

Tanaman yang satu ini selain menjadi dekorasi rumah juga bisa digunakan sebagai pengobatan sejak zaman mesir kuno. Seperti yang kita ketahui, gel lidah buaya biasanya digunakan untuk meredakan sengatan matahari dan membantu penyembuhan luka. ternyata tidak hanya itu, penggunaan gel bening pada tanaman lidah buaya ini juga dapat meredakan gatal akibat dermatitis atopik atau kondisi kulit kronis yang ditandai dengan kulit kering dan gatal.

Baca juga  Mengenal Tari Singo Ulung, Tarian Kebudayaan Khas Bondowoso

2. Minyak neem

image: pexels

Dari sejarah penggunaan selama ribuan tahun. Minyak neem adalah minyak alami yang menarik untuk Anda coba untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit, seperti kulit sensitif hingga eksim.  Jika terjadi tanda alergi seperti gatal-gatal, ruam parah atau kesulitas bernapas segera hentikan dan konsultasikan ke dokter.

3. Oatmeal

image: freepik

Oatmeal merupakan biji-bijian yang sangat sehat karena bebas gluten, sumber vitamin, mineral, serat dan antioksidan penting. Sebuah studi mengatakan bahwa oatmeal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti penurunan berat badan, menurunkan kadar gula darah dan penurunan risiko penyakit jantung.

Tapi, tidak hanya itu, Scarf Lover. Ternyata, oatmeal memiliki beragam sifat aktif biologis,termasuk komponen antioksidan dan anti inflamasi yang dapat membantu meredakan gatal akibat reaksi alergi pada kulit. Caranya dengan membasuh kulit dengan oatmeal, lalu bilas hingga bersih.

Baca juga  5 Provinsi dengan Kasus Positif Covid-19 Tertinggi Di Indonesia

4. Soda Kue

image: pixabay

Tidak hanya sebagai bahan untuk memasak atau kebutuhan rumah tangga, ternyata soda kue juga memiliki manfaat untuk kesehata. Salah satunya untuk membantu mengatasi ketidakseimbangan pH kulit dan meredakan alergi kulit Anda.

Ada 2 cara yang bisa Anda lakukan, pertama, mengoleskan 4 sendok makan soda kue dengan 12 sendok makan air, lalu aduk hingga membentuk pasta. Kemudian Anda bisa mengoleskan pasta tersebut ke daerah yang gatal, lalu bilas dengan air dingin setalah 10 menit. Cara keduanya, dengan mandi soda kue dengan mencampurkan secangkir soda kue ke dalam bak mandi berisi air hangat,aduk dan rendam tubuh Anda sekitar 15 menit dan bilas dengan air hangat.

(TS)

Translate »