Koleksi Rose and Beyond Karya Ayu Dyah Andari Gabungkan 2 Budaya Sekaligus

Budaya Timur dan Barat menjadi satu di koleksi Rose and Beyond Ayu Dyah Andari

Perancang busana Ayu Dyah Andari berkolaborasi dengan Putri Zulkifli Hasan membawa koleksi “Rose and Beyond” ke Indonesia setelah dipamerkan di London Fashion Week Spring Summer 2024 September lalu. Acara peragaan busana tersebut digelar di Grand Ballroom The Langham Hotel, 16 Oktober 2023. Sebanyak 12 pasang setelan yang terinspirasi dari busana Timur dan Barat dipamerkan kepada khalayak.

“Dalam koleksi ini saya mencoba mendesain dengan menggabungkan 2 budaya, Timur dan Barat. Adat ketimuran, yaitu modest. Sementara adat Eropa terinspirasi dari arsitektur Britania Raya abad ke-18,” jelas Ayu Dyah Andari kepada Tim Scarf Media saat ditemui seusai acara.

Dalam busananya, arsitektur Britania Raya abad 18 berkamuflase pada penciptaan motif berupa pahatan bunga mawar timbul di atas bahan chantilly dan organdi.

“Kalau teman-teman tadi lihat itu kan cuttingnya princess look, eropa kuno, embellishmentnya seperti pahatan yang timbul,” tambahnya.

Koleksi Rose and Beyond karya Ayu Dyah Andari kolaborasi dengan Putri Zulkifli Hasan
Koleksi Rose and Beyond karya Ayu Dyah Andari kolaborasi dengan Putri Zulkifli Hasan

Adapun Rose and Beyond itu sendiri terinspirasi dari perempuan dan semesta. Ayu Dyah Andari merepresentasikan mawar sebagai perempuan, di mana terlihat lembut, anggun, namun juga kuat seperti bunga tersebut yang dapat tumbuh di tempat tak terduga. Sementara Beyond, Ayu mengartikan kata tersebut menjadi “semesta yang saling bertautan”.

Baca juga  Mendag Zulkifli Hasan Resmi Luncurkan Jakarta Muslim Fashion Week 2024 Kembangkan Modest Fashion Indonesia Mendunia

Putri Zulkifli Hasan pun berperan sebagai muse yang menjadi inspirasi Ayu Dyah Andari. Menurutnya, perempuan yang lembut dan kuat berada di diri Putri Zulkifli Hasan.

Putri Zulkifli Hasan pun mengungkapkan perasaannya bisa berkolaborasi bersama dengan Ayu Dyah Andari. Bagi Putri Zulkifli Hasan, Ayu Dyah Andari merupakan desainer yang menaruh hatinya di setiap karya. Putri Zulkifli Hasan menambahkan, kolaborasi fashion ini merupakan kali pertama baginya. Ia merasa sangat melekat dan mengalir begitu saja dalam kolaborasi ini.

“Kak Ayu adalah desainer yang menaruh hatinya ke dalam karya-karyanya, jadi busana rancangannya enggak hanya cantik di luar tapi juga membuat inner beauty orang yang memakainya jadi keluar,” ujar Putri.

Baca juga  Berbagai Macam Hoodie Yang Sedang Tren

“Kolaborasi ini memang yang pertama untuk aku. Karena melakukannya dengan sahabat dan desainer yang aku suka jadi semua terasa sangat effortless dan mengalir begitu saja,” tambah Putri.

Adapun lima dari set koleksi yang tampil di London Fashion Week adalah hasil kolaborasi Ayu Dyah Andari dengan Putri Zulkifli Hasan. Selain itu, acara Fashion Show Rose and Beyond ini juga memamerkan 35 setelan lainnya di mana 10 set busana di antaranya mengusung tema Sriwijaya. Sepuluh koleksi busana tersebut mendapat sentuhan tenun khas Sumatera Selatan, yakni kain songket. Sriwijaya merupakan kolaborasi Ayu Dyah Andari dengan Batik Tujuh Saudara dan Bank Indonesia.

Saat peragaan busana Rose and Beyond, selain Putri Zulkifli Hasan, ada beberapa tokoh publik yang ikut melenggang di atas catwalk mengenakan busana Rose and Beyond. Di antaranya adalah Nagita Slavina, Desy Ratnasari, Atalia Praratya, Adelia Pasha, Verrell Bramasta, dan Aditya Zoni.

Translate »