Mengenal 4 Jenis Berlian yang Masih Banyak Dicari

Berlian, dengan kemewahannya dan keindahannya yang tak tertandingi, telah menjadi salah satu permata paling dihargai dan diinginkan di dunia. Namun, ada jenis berlian tertentu yang lebih langka dan mahal dibandingkan dengan yang lainnya. Sistem klasifikasi jenis berlian memisahkan batu berdasarkan sifat fisik dan kimianya.

1. Natural Diamonds

Berlian putih biasa tidak berwarna memiliki nilai 10 skala Mohs, tertinggi dan terkokoh dari gemstone lainnya. Akumulasi karbon, dengan sedikit kandungan nitrogen, yang terkena tekanan dan suhu tinggi dalam mantel bumi berhasil menciptakan berlian dengan kilau abadi yang menakjubkan.

2. Lab Grown Diamonds

Berlian yang ditanam di laboratorium, juga dikenal sebagai berlian buatan, merupakan tren yang terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Berlian ini menjadi semakin murah untuk diproduksi. Meskipun dahulu harga berlian yang dihasilkan di laboratorium 30% lebih rendah dari harga berlian biasa, saat ini harganya 50%-60% lebih murah dan ada yang mengatakan bahwa hanya dalam beberapa tahun berlian tersebut akan menjadi 70% lebih murah dan bahkan lebih mahal lagi.

Baca juga  Timeless, Aksesoris Ini Wajib Anda Miliki

3. Treated Diamonds

Berlian yang ditambang seperti berlian biasa yang disebutkan di atas tetapi atributnya ditingkatkan/dimanipulasi secara artifisial untuk mendapatkan berlian yang terlihat lebih bagus. Perawatan umum termasuk pengisian inklusi dimana menggunakan bahan khusus mereka “menyembunyikan” inklusi dan peningkatan warna. Harap dicatat bahwa perawatan ini biasanya dilakukan pada berlian yang tidak dapat dijual dan oleh karena itu harga berlian ini jauh lebih rendah dibandingkan berlian alami yang tidak diolah.

Baca juga  Chanel Couture Show Menghadirkan Fashion Show Megah

4. Natural Fancy Color Diamonds

Berlian berwarna sangat langka, hanya ada sekitar 1 hingga 10.000 dibandingkan berlian biasa. Lonjakan kesadaran (dan juga permintaan) terjadi pada dekade terakhir karena semakin banyak selebriti yang terlihat memakainya – baik sebagai pernyataan fesyen di karpet merah atau menerimanya sebagai cincin pertunangan… Yang paling terkenal adalah berlian merah muda dan berlian kuning kenari, tetapi berlian ini berlian cantik hadir dalam berbagai warna pelangi – Biru, ungu, ungu, merah, hijau, kuning, abu-abu, putih, hitam… serta kombinasi warna-warna ini.

Translate »