Makanan Yang Dapat Sebabkan Maag

Maag adalah gejala tidak nyaman yang cukup umum. Rasa sakit maag biasanya seperti sensasi terbakar  yang terjadi di daerah dada bagian bawah dan menyebar ke arah mulut.

image: pixabay

Selain jadwal makan yang terlambat, maag juga bisa disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi. Untuk itu ada baiknya Anda mulai memperhatikan makanan apa saja yang dapat memicu atau memperburuk kondisi maag.

Dilansir dari healthline, berikut makanan yang dapat sebabkan maag.

 

Makanan tinggi lemak
Makanan tinggi lemak dapat memicu naiknya asam lambung dan sebabkan maag. Mengonsumsi makanan tersebut dapat memperburuk mulas dengan merangsang tubuh Anda untuk melepaskan zat yang menyebabkan kerongkongan Anda menjadi teriritasi. Penelitian menemukan bahwa makanan yang digoreng yang mengandung lemak tinggi dapat menyebabkan gejala GERD seperti maag.

Baca juga  Begini Cara Mencegah Asam Lambung Naik Saat Puasa

 

Jus jeruk
Jus jeruk memang sehat untuk dinikmati, namun ternyata jus jeruk dan jeruk bali juga  dapat memicu gejala maag. Jika Anda ingin mengonsumsi jus jeruk, pastikan perut Anda tidak kosong. Perut yang belum diisi makanan akan menyebabkan naiknya asam lambung, dan mengonsumsi jus jeruk akan memperparahnya.

 

Cokelat
Siapa sangka ternyata cokelat juga bisa menjadi pemicu timbulnya maag.  Bahan dalam cokelat seperti kakao dan kafein dapat mengendurkan LES dan meningkatkan paparan asam di kerongkongan. Banyak orang melaporkan gejala mulas setelah mengonsumsi cokelat, dan penelitian menunjukkan bahwa cokelat dapat mengurangi tekanan LES.

Baca juga  Selalu Melewatkan Sarapan Pagi? Ini Dampaknya!

 

Kopi dan minuman berkafein
Selain membuat diri lebih semangat, minum minuman berkafein juga dapat sebabkan maag. Kafein telah terbukti mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah, yang dapat meningkatkan risiko refluks asam dan mulas. Ditambah,  kopi dapat merangsang sekresi asam lambung, yang dapat memperburuk mulas.

Sebaiknya Anda mengonsumsi kopi dan minuman berkafein lainnya saat perut Anda terisi. Hal ini untuk mengurangi kenaikan asam lambung.

 

(HV)

Translate »