Begini Cara Mencegah Asam Lambung Naik Saat Puasa

14

Berpuasa merupakan kegiatan menahan hawa napsu, haus, dan lapar dari matahari terbit sampai terbenam. Dengan waktu yang cukup lama tidak mendapatkan asupan makanan,  asam lambung dapat naik karena perut dalam keadaan kosong. Naiknya asam lambung dapat menimbulkan perasaan sakit dan nyeri pada perut yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, ada beberapa cara yang dapat mencegah asam lambung naik saat berpuasa bagi pengidap gangguan asam lambung.

Hindari asupan pedas, asam, berlemak, dan kafein

Sudah bukan rahasia lagi bahwa beberapa makanan dapat memicu asam lambung naik, seperti makanan-makanan yang pedas, makanan berlemak tak sehat, makanan terlalu asam, bahkan makanan dan minuman yang mengandung kafein.

Saat bulan puasa coba hindari makanan-makanan tersebut saat berbuka maupun sahur untuk mencegah asam lambung naik saat berpuasa. Dengan mengurangi mengonsumsi beberapa makanan dan minuman tersebut, asam lambung dapat dikontrol.

 

Makan dalam porsi kecil, sering, dan kunyah perlahan

Saat berbuka puasa, penderita maag atau gangguan lambung usahakan tidak langsung berbuka dengan makanan berat. Kondisi perut yang masih kosong jika langsung diisi makan besar akan menyebabkan perut terlalu penuh dan dapat mendorong asam lambung naik.

Baiknya saat berbuka puasa untuk memakan takjil, kurma, atau apapun dalam porsi kecil. Setelah itu, baru siapkan perut untuk makan utama. Namun, hindari makan berlebihan. Bagi penderita maag disarankan untuk memakan makanan dalam porsi kecil namun sering dan dikunyah perlahan-lahan.

Atur waktu jam makan dan tidur

Mengatur waktu jam makan dan jam tidur menjadi salah satu cara yang ampuh untuk mencegah asam lambung naik saat berpuasa. Ada baiknya saat berbuka puasa atau sahur, Anda memiliki jeda waktu 2-3 jam sebelum tidur. Jeda waktu tidur dan makan yang terlalu dekat akan memicu asam lambung naik.

Itulah beberapa cara yang ampuh untuk mencegah asam lambung naik saat berpuasa bagi orang yang menderita penyakit maag atau penyakit asam lambung lainnya. (HV)