Mengelola Modal Anti Boncos untuk Pengusaha Muda

Menjadi pengusaha sudah menjadi tren di semua kalangan masyarakat, terutama kalangan muda. Modal merupakan sesuatu hal yang memberikan nilai atau keuntungan bagi pelaku usaha.

Hal ini bertujuan untuk menjaga keuangan tetap stabil, dan sukses dalam membangun usaha. Keterampilan mengelola keuangan ini perlu dilakukan, agar tidak berakhir menjadi dana yang tidak produktif bahkan sampai rugi.

Berikut, beberapa cara mengelola modal usaha anti boncos menurut Rico Huang seorang pebisnis muda Indonesia. Ceritanya membangun bisnis yang sangat menginspirasi.

1. Memisahkan Uang Pribadi dan Bisnis

Mengatur keuangan pribadi dan modal usaha bagi pengusaha adalah suatu hal yang perlu diterapkan dalam berbisnis. Keseriusan dalam mengelola keuangan usaha bisa dibuktikan dengan pemisahan rekening bisnis dan pribadi. Hasilnya keuangan pribadi tidak akan bercampur dengan pemasukan dari usaha dan mencegah terjadinya kesalahpahaman nantinya.

Baca juga  Barang-barang Ini Wajib Anda Miliki Agar Kamar Estetik

2. Melakukan Konsultasi

Melakukan konsultasi untuk mendapatkan banyak saran terkait dengan strategi atau kelola modal usaha. Scarflovers bisa mendapatkan konsultasi ini dari berbagai kalangan baik itu keluarga, sahabat, maupun rekan bisnis yang terpercaya. Pastikan kamu melakukan konsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman. 

3. Membuat planning usaha  

membuat planning usaha dengan melakukan riset bisnis. Hal ini sangat penting sebelum membuat bisnis. Mulai dari riset produk bisnis hingga pasar atau target konsumen, dan tidak lupa untuk mencatatkan berdasarkan riset terpercaya.

4. Membuat laporan keuangan

Setiap pengeluaran dan pemasukkan harus selalu ditulis ke dalam catatan keuangan. Hal ini untuk dilakukan untuk mencegah laporan keuangan menjadi tidak seimbang dan pada akhirnya profit jadi tidak maksimal. Dengan begitu Scarflovers bisa tetap fokus mengurus dan mengembangkan bisnis Anda.

Baca juga  Mengenal Makanan Khas Nusa Tenggara Barat dengan Cita Rasa Tajam

5.  Kurangi risiko berhutang

Kurangi berhutang, baik itu ke perorangan, badan usaha atau perbankan. Usahakan untuk tidak berhutang, Berhati-hatilah dengan utang, sebab jika kondisi keuangan sedang tidak stabil, akan memperburuk usaha yang berakibat utang makin menumpuk dan mengalami kerugian.

Itulah beberapa poin penting tentang cara mengelola modal usaha anti boncos yang bisa Scarflovers terapkan. Sebelum membuka sebuah usaha, pastikan Anda telah mempunyai perencanaan yang matang, mulai dari segi finansial maupun strategi bisnis.

Translate »