Berbagai Makanan Sehat Yang Mengandung Niacin

Niacin atau yang dikenal juga sebagai vitamin B3, adalah mikronutrien yang digunakan tubuh untuk metabolisme, fungsi sistem saraf, dan perlindungan antioksidan. Nutrisi ini penting untuk tubuh, sementara tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri, Anda bisa mendapatkannya melalui makanan.

Dilansir dari healtline, tunjangan diet yang direkomendasikan (RDA) untuk vitamin B3  adalah 16 mg per hari untuk pria dan 14 mg per hari untuk wanita. Untuk memenuhi nutrisi tersebut, berikut beberapa makanan yang akan akan kandungan vitamin B3.

Dada ayam

image: pexels

Daging ayam, terutama daging dada, merupakan sumber niasin dan protein tanpa lemak yang baik. 3 ons (85 gram) dada ayam yang dimasak, tanpa tulang, tanpa kulit mengandung 11,4 mg niasin, yang masing-masing merupakan 71% dan 81% dari RDA untuk pria dan wanita.

Baca juga  Jenis Olahraga yang Harus Dihindari Saat Tengah Datang Bulan

Dada ayam juga dikemas dengan protein, mengandung 8,7 gram per ons matang (28 gram), menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk diet rendah kalori dan tinggi protein yang dirancang untuk menurunkan berat badan.

 

Tuna

Untuk Anda yang suka memakan ikan, ikan tuna menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan nutrisi vitamin B3. Tuna adalah sumber niasin yang baik. Satu kaleng tuna ringan 5,8 ons (165 gram) menyediakan 21,9 mg niasin, lebih dari 100% RDA untuk pria dan wanita. Tuna juga tinggi protein, vitamin B6, vitamin B12, selenium dan asam lemak omega-3.

 

Baca juga  Perhatikan, Kelebihan Hal Sepele Ini Bisa Merusak Ginjal

Daging giling

Daging giling merupakan sumber niasin yang baik dan kaya akan protein, zat besi, vitamin B12, selenium dan seng. Satu porsi 3 ons (85 gram) daging giling tanpa lemak 95% yang dimasak menyediakan 6,2 mg niasin, sedangkan jumlah yang sama dari 70% daging giling tanpa lemak hanya mengandung 4,1 mg (22, 23).

 

Kacang tanah

Kacang tanah menjadi salah satu sumber vegetarian terbaik yang mengandung niasin. Dua sendok makan (32 gram) selai kacang mengandung 4,3 mg niasin, kira-kira 25% dari RDA untuk pria dan 30% untuk wanita. Kacang tanah juga kaya akan protein, lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, vitamin B6, magnesium, fosfor dan mangan.

(HV)

Translate »