Manfat Memakan Olahan Beras Basmati

Beras basmati adalah jenis beras yang umum dimakan dan dijadikan  masakan di India dan Asia Selatan. Beras ini dikenal dengan aromanya yang sedap. Biasanya beras basmati diolah untuk membuat nasi briyani.

image: pexels

Dibandingkan dengan beras putih biasa, beras basmati memiliki ukuran yang lebih panjang dan pipih. Memiliki bentuk yang berbeda, tentu juga memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Anda pasti tidak ingin melewatkan untuk mengkonsumsi olahan basmati karena kandungan gizinya.

Melansir dari healthline, beras basmati tertentu pada tiap porsinya  tinggi akan karbohidrat, kalori,  folat, tiamin,  selenium. Tidak hanya itu, beras basmati juga mengandung lebih banyak magnesium, vitamin E, seng, kalium, dan fosfor, daripada beras putih lainnya.

Baca juga  Inilah Kandungan dan Bahayanya Memakan Daging Kelelawar

Kandungan gizinya yang baik membuat beras basmati juga baik dikonsumsi harian karena bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi beras basmati:

 

Rendah arsenik
Dibandingkan dengan jenis beras lainnya, basmati umumnya lebih rendah arsenik. Arsenik merupakan logam berat yang dapat membahayakan kesehatan Anda dan berpotensi meningkatkan risiko diabetes, masalah jantung, dan kanker tertentu.

Arsenik cenderung menumpuk lebih banyak dalam nasi daripada biji-bijian lainnya, yang bisa sangat mengkhawatirkan bagi mereka yang makan nasi secara teratur.

Baca juga  Intoleran Terhadap Gluten? Ini Tandanya!

 

Baik untuk jantung

Kandungan arsenik yang rendah membuat beras basmati menjadi beras yang lebih baik dibandingkan beras lainnya. Mengkonsumsi beras basmati yang kaya akan kandungan serat, membuat  ia mampu menurunkan  kadar kolesterol dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi yang mengarah pada penyakit jantung.

 

Memaksimalkan kerja otak

Kandungan tiamin atau vitamin B1 pada beras basmati sangat baik untuk meningkatkan kinerja fungsi otak. Kekurangan  kekurangan vitamin B1 dapat membuat Anda berisiko lebih besar terkena  demensia.

 

(HV)

Translate »