Intoleran Terhadap Gluten? Ini Tandanya!

Pernahkah Scarf Lover mendengar istilah intoleran terhadap gluten?

Sebelumnya, Anda harus mengetahui dulu, sebenarnya apa saja sih makanan yang mengandung gluten? Makanan tersebut diantaranya adalah nasi, roti, pasta, mi dan lain sebagainya.

Bila melihat daftar makanan di atas, bisa dikatakan semua orang pernah memakannya bukan? Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki toleransi yang sama terhadap makanan diatas. Orang-orang tersebut memiliki intoleransi terhadap gluten. Jika mereka mengonsumsinya, akan menyebabkan masalah pada kesehatannya.

Apa saja tanda-tanda orang mengalami intoleransi gluten? Melansir eatthis, berikut ulasannya!

1. Gangguan Pencernaan

image: freepik

Gangguan pada pencernaan merupakan salah satu tanda intoleransi terhadap gluten. Gangguan ini bisa menyebabkan mual dan muntah hingga konstipasi, diare, gas, dan kembung.

Baca juga  Dampak Body Shaming yang Harus Diketahui

2. Sakit Kepala

image: pixabay

Merasa sakit kepala tepat setelah Anda mengonsumsi makanan yang mengandung gluten? Bisa jadi Anda memiliki intoleran terhadapnya. Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam jurnal menemukan bahwa 30% orang dengan penyakit seliaka dan 56% orang dengan sensitivitas gluten dilaporkan mengalami sakit kepala kronis atau migrain.

3. Anemia

image: pexels

Ketidakmampuan untuk mencerna gluten dapat menghambat penyerapan zat besi dan membuat Anda kekurangan zat besi. Ini kadang-kadang bisa menjadi penyebab gejala intoleransi gluten lainnya seperti kelelahan, sakit kepala, dan kelemahan. Jadi Scarf Lover bisa memperhatikan asumsi yang dimasukan ke dalam tubuh untuk menghindari anemia akibat intoleransi terhadap gluten.

4. Radang Sendi Dan Nyeri Sendi

image: freepik

Jika Anda menderita memiliki intoleransi terhadap gluten, gluten yang Anda konsumsi dapat masuk ke aliran darah Anda dan menyebabkan peradangan baik di dalam maupun di luar usus Anda. Menurut Yayasan Arthritis, masalah ini dapat menyebabkan nyeri sendi, pembengkakan, dan gejala artritis yang memburuk.

Baca juga  The First Puteri Indonesia Makeup Pallete

5. Ruam Kulit

image: pixabay

Kondisi yang satu ini juga bisa dikatakan sebagai penyebab dari intoleransi terhadap gluten. Kulit akan muncul ruam kemerahan yang tentunya akan dirasa sangat tidak nyaman. Jika hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya hentikan konsumsi makanan yang mengandung gluten ya, Scarf Lover!

Jika tanda-tanda yang Anda alami di atas makin lama semakin mengkhawatirkan, akan lebih baik untuk Anda langsung mengkonsultasikannya pada dokter spesialis untuk penanganan lebih lanjut. (AA)

Translate »