Pengganti Gula yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Penderita Diabetes

36

Penderita diabetes tentunya harus menghindari konsumsi makanan manis agar tidak mempengaruhi gula darah. Ketika gula darah teralalu tinggi maka dikhawatirkan akan terjadi komplikasi penyakit yang lebih kompleks lagi.

 

Pada tahun 2015, WHO menyarankan penderita penyakit ini hanya bisa mengonsumsi 6 sendok makan saja makanan manis. Ini sudah termasuk semua makanan yang ada pemanisnya dan juga karbohidrat sederhana. Lantas bagaimana jika para penderita diabetes rindu untuk makanan manis? List dibawah ini bisa jadi pengganti gula loh!

Sukralosa

Salah satu pemanis buatan yang paling populer. Diproses dari sukrosa yang telah di proses kimiawi membuat pemanis ini lebih manis 600 kali lipat dibandingkan gula biasanya. Biasanya Sukralosa diolah ke berbagai jenis kue dan minuman. Kandungan di dalamnya sudah di sesuaikan sehingga kalori yang dihasilkan tetap lebih rendah dibandingkan gula biasa.

 

Stevia

Pemanis yang terbuat dari tanaman stevia reebaudiana ini 300 kali lebih manis dibandingkan gula pasir biasanya. Bisa ditemukan di Paraguay dan Brazil, Stevia bebas kalori dan memiliki beberapa manfaat seperti adanya antioksidan dan antidiabetes. Tetapi, pemanis ini memiliki hint rasa pahit dan dapat menyebabkan efek samping kepada beberapa orang.

 

Tagatose

Diproduksi dengan proses enzimatisasi, tagatose memiliki kadar manis 90% lebih banyak dari gula pasir. Tagatose juga bisa didapatkan secara alami dari beberapa buah-buahan seperti apel, jeruk dan nanas. Cocok untuk penderita diabetes tipe dua dan penderita obesitas.

 

Aspartam

200 kali lebih manis daripada gula biasanya, Aspartam kurang cocok untuk ditambahkan ke makanan yang perlu proses pemanasan. Pemanis ini mudah pecah pada suhu yang tinggi walaupun menjadi pemanis yang paling umum untuk digunakan.

 

Neotam

Pemanis buatan yang sangat rendah kalori dengan rasa manis yang sangat tinggi. Neotam dapat bertahan di suhu yang tinggi sehingga aman untuk dicampurkan ke dalam makanan yang perlu proses pemanasan.

(MH)