Manfaat Biotin Untuk Rambut

Rambut merupakan mahkota bagi wanita yang tidak menggunakan hijab.  Kesehatan rambut pastinya perlu dijaga agar tidak mudah rontok, kusam, bercabang,  dan rapuh.

image: pixabay

Kesehatan rambut bisa Anda rawat melalui dalam maupun luar tubuh. Dari luar tubuh, Anda bisa menggunakan berbagai perawatan  seperti hair oil, vitamin,  hair mask, dan berbagai perawatan rambut lainnya. Untuk perawatan dari dalam, Anda bisa menutrisi rambut Anda dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung biotin didalamnya.

Biotin adalah vitamin yang larut dalam air yang merupakan bagian dari keluarga vitamin B. Tubuh Anda membutuhkan biotin untuk membantu mengubah nutrisi tertentu menjadi energi. Biotin juga berperan penting dalam kesehatan rambut, kulit, dan kuku Anda.

Baca juga  Mengantisipasi Penuaan Dini dengan The Legacy dari Ultima II

Jika Anda tidak mendapatkan cukup biotin, Anda mungkin mengalami kerontokan rambut atau ruam merah bersisik. Namun, kekurangannya jarang terjadi.  Biotin juga dapat memperkuat keratin di tubuh Anda. Keratin adalah protein dasar yang membentuk rambut, kulit, dan kuku Anda. Apabila Anda meningkatkan asupan biotin, itu dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut Anda.

 

Makanan yang mengandung biotin

Anda mungkin sudah mendapatkan jumlah biotin yang direkomendasikan setiap hari dari makanan yang Anda makan. Tetapi jika Anda ingin meningkatkan asupan, Anda dapat menambahkan lebih banyak makanan kaya biotin ke dalam diet Anda.

Baca juga  Retinoid Bantu Atasi Bekas Jerawat Membandel Area Wajah

Ini termasuk:

  • daging organ, seperti hati atau ginjal
  • kuning telur
  • kacang-kacangan, seperti almond, kacang tanah, dan kenari
  • kedelai dan kacang-kacangan lainnya
  • biji-bijian utuh
  • pisang
  • kol bunga
  • jamur

 

Manfaat lainnya dari biotin

Tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan rambut, biotin juga memiliki manfaat lainnya. Biotin adalah salah satu dari beberapa vitamin B yang mendukung metabolisme yang sehat. Biotin mengubah glukosa dari karbohidrat menjadi energi bagi tubuh dan membantu asam amino dalam menjalankan fungsi normal tubuh.

Untuk itu biotin dapat berfungsi dalam mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi kognitif, membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

(HV)

Translate »