Manfaat Puasa Ayyamul Bidh Bagi Kesehatan

Salah satu puasa yang senantiasa dilaksanakan oleh Nabi Muhammad SAW adalah puasa Ayyamul Bidh. Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa 3 hari yang dilaksanakan setiap bulan pada tanggal 13, 14, dan 15 Hijriyah. 

Mengerjakan puasa ini, pahalanya sangat besar lho, Scarflover. Melansir dari Hadist riwayat Bukhari, Rasullulah SAW bersabda, “Puasa pada tiga hari setiap bulan adalah seperti puasa sepanjang tahun.”

 Namun, selain dijanjikan pahala yang besar, rutin mengerjakan puasa Ayyamul Bidh setiap bulan ternyata juga dapat mendatangkan kebaikan bagi kesehatan tubuh, lho, Scarflover.

Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, disimak!

Baca juga  Diet Terbaik Untuk Wanita Diatas 40 Tahun

 

 

Menormalkan tensi darah

 

Menurut sebuah studi, setiap pertengahan bulan tensi darah manusia mengalami peningkatan. Salah satu akibatnya adalah susah mengontrol emosi. Dengan berpuasa, tensi darah akan menurun dan membuat Anda lebih sabar dan tenang.

 

 

Detoksifikasi tubuh

 

Ketika kita berpuasa, tubuh kita sedang beristirahat dari segala jenis makanan dan minuman yang tidak sehat. Saat itulah tubuh melakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun dari tubuh melalui keringat, urine, atau buang air besar.

 

 

Baik untuk pencernaan

 

Saat kita berpuasa, organ percernaan akan beristirahat dari aktifitas berat karena tidak ada  makanan atau minuman yang masuk.

Baca juga  Minyak Cengkeh Dapat Obati Sakit Gigi, Mitos atau Fakta?

 

 

Membakar lemak

 

Ketika tidak ada makanan atau minuman, tubuh akan membakar lemak atau kalori sebagai sumber energi, lho, Scarflover. 

 

 

Pola makan jadi teratur

 

Ketika berpuasa, pola makan Anda menjadi teratur karena mengikuti aturan sahur dan burbuka puasa. Pola makan yang teratur akan membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit, lho, Scarflover

 

Nah, itu dia beberapa manfaat dari rutin melaksanakan puasa Ayyamul Bidh bagi kesehatan Anda. 

 

(NAR)

Translate »