7 Makanan Tinggi Lemak Sehat yang Baik untuk Dikonsumsi

Makanan tinggi lemak yang sehat adalah pilihan yang baik untuk Anda karena mengandung lebih banyak rasa, kepuasan, dan nutrisi ke dalam makanan dan camilan. Lemak pada dasarnya membuat makanan terasa lebih enak dengan menciptakan rasa yang lebih kuat.

Selain itu, lemak juga memberi Anda energi, membantu Anda untuk kenyang lebih lama, dan memainkan peran penting dalam berbagai fungsi dan proses tubuh. Banyak makanan berlemak tinggi alami juga kaya nutrisi lain, seperti serat, protein, dan berbagai vitamin dan mineral.

Seperti banyak topik tentang nutrisi, penelitian tentang efek berbagai jenis lemak pada kesehatan terus berkembang, dan terkadang menjadi sumber ketidaksepakatan di antara para ahli. Konon, istilah lemak sehat umumnya digunakan untuk menyebut lemak tak jenuh. Ada dua jenis — berikut adalah ikhtisar singkat tentang masing-masing seperti yang dikutip dari laman self.com

  • Lemak tak jenuh tunggal: “Ini termasuk yang paling sehat dari semua lemak,” Dana Hunnes, Ph.D., M.P.H., R.D., ahli diet senior di UCLA Medical Center dan asisten profesor di Fielding School of Public Health. Lemak tak jenuh tunggal membantu mengembangkan dan memelihara sel Anda, dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat Anda, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.
  • Lemak tak jenuh ganda: Dua jenis utama lemak tak jenuh ganda adalah asam lemak omega-3 dan omega-6, lemak esensial yang tidak dapat dibuat oleh tubuh kita sendiri tetapi membutuhkan banyak fungsi penting, American Heart Association (AHA) menjelaskan. Asam lemak omega-3, khususnya, bermanfaat untuk kesehatan jantung, termasuk mengurangi tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.
Baca juga  Erwin Gutawa Persiapkan Konser Salute

Inilah beberapa makanan yang mempunyai kadar tinggi lemak yang sehat, yang baik untuk Scarf Lover konsumsi.

1. Alpukat

Image: unsplash

Buah berwarna hijau yang banyak digemari orang-orang ini memiliki kandungan tinggi lemak yang baik dan sehat untuk dikonsumsi. Satu buah alpukat berukuran sedang mengandung sekitar 21 gram lemak, serta serat banding 9 gram dalam satu buah alpukat.

Scarf Lover dapat memakannya langsung secara utuh, atau dengan roti panggang, guacamole, salad, atau pasta.

2. Kenari

Image: unsplash

Kacang kenari, Kandungan kacang ini sama dengan 21 gram lemak dalam 1 ons porsi, kenari memiliki sumber asam lemak omega-3 dan omega-6 yang baik. Kenari juga kaya akan mineral pangan dan tembaga.

Anda dapat mencoba menaburkan kacang kenari cincang di atas salad atau semangkuk sereal atau oatmeal..

3. Kacang Almond

Image: unsplash

Berbagai kacang-kacangan memang pada umumnya melekat dengan lemak. Namun, kacang almond nyatanya memiliki kandungan tinggi lemak yang sehat. Almond memiliki 15 gram lemak dalam 1 ons porsi (sekitar 22 kacang), serta kaya akan vitamin E.

Scarf Lover dapat mencobanya dalam bentuk mentah atau panggang, asin atau tanpa garam, polos atau rasa, dan nikmatilah dengan mencampurakan ke makanan ringan, sereal, dan salad.

4. Tahu

Image: pixabay

Faktanya, Tahu dianggap sebagai “makanan sehat” karena mengandung protein nabati padat yang terbuat dari kedelai, sekaligus menyediakan hampir seperempat kebutuhan kalsium harian Anda. Namun, tetap mengandung sebanyak 4 gram lemak.

Baca juga  3 Cara Ampuh Bebas Bau Mulut Selama Puasa!

Pada dasarnya ada banyak cara untuk mengombinasikan kelezatan tahu, untuk makan malam, Anda dapat menyatukan sesuatu seperti tahu loyang yang dikombinasikan dengan sayuran dan kacang arab.

5. Edamame

Image: unsplash

Edamame merupakan jenis kacang-kacangan yang berasal dari Jepang. Terdapat 4,5 gram lemak dalam setengah cangkir edamame yang dikupas, selain itu, kedelai juga merupakan sumber protein nabati yang baik (9 gram per porsi) dan serat (4 gram per porsi).

Scarf Lover dapat membeli edamame yang beku atau yang sudah dikupas, dan nikmati dengan cara direbus sebagai camilan lezat dan mengenyangkan.

6. Tuna

image: pixabay

Ikan Tuna juga mengandung banyak lemak sehat dan omega-3. Biasanya kandungan dalam satu buah kaleng tuna yaitu (sekitar 5 gram dalam satu kaleng biasa), dan jenis yang Anda temukan di Jepang favorit adalah (sekitar 5 gram dalam 3 ons, dimasak).

Ada banyak cara untuk memasukkan ikan berlemak ini ke dalam makanan Anda, Scarf Lover dapat mengolahnya menjadi steak tuna bakar, burger tuna, salad tuna dengan sandwich atau selada, atau casserole tuna.

7. Dark Chocolate

Image: unsplash

Satu porsi dark chocolate atau cokelat hitam yang lezat membanggakan sekitar 11 gram lemak, ditambah bonus 2 gram serat.

Anda mungkin tidak memerlukan bantuan untuk mencari tahu cara menikmati suguhan yang luar biasa ini, dapat dikombinasikan dengan yoghurt, raspberry, dan lainnya sesuai selera Anda.

(AR)

Translate »