Hati-hati! Varian Virus Corona Baru Sudah Masuk Indonesia

Belum tuntas penanganan Covid-19 di Indonesia, saat ini masyarakat harus makin waspada karena varian baru corona yakni B117, B1351, dan juga B1617 telah masuk ke Indonesia.

Varian terbaru ini berasal dari luar negeri, seperti B117 berasal dari Inggris, B1351 dari Afrika Selatan serta B1617 dari India yang sempat ramai terkait dengan lonjakan kasusnya beberapa waktu lalu.

Jubir vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, seperti yang dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan menyebut bahwa dari ketiga varian baru corona yang ada, varian B117 memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi, yakni sekitar 36 hingga 75%.

Baca juga  Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2021 Resmi Dibuka

Terkait mutasi atau varian baru di Indonesia, lanjut Nadia, masih terus diteliti dan melakukan pengujian pada 786 laboratorium. Laboratorium-laboratorium ini juga yang memeriksa COVID-19.

Sebaran kasus varian baru di Indonesia antara lain varian jenis B. 1617 ada di Kepulauan Riau 1 kasus, dan DKI Jakarta 1 kasus. Varian B.117 ada di Sumatera Utara 2 kasus, Sumatera Selatan 1 kasus, Banten 1 kasus, Jawa Barat 5 kasus, Jawa Timur 1 kasus, Bali 1 kasus, Kalimantan Timur 1 kasus. Sementara untuk varian B. 1351 ada di Bali 1 kasus.

Baca juga  Penyebab Banjir Bandang di Kawasan Gunung Mas Puncak Bogor

“Jadi dengan surveilans kita mewaspadai penambahan kasus B. 117 dan B.1351, serta B. 1617 yang sudah masuk ke Indonesia. Hasil akhir ini sudah kita dapatkan dari hasil pemeriksaan per tanggal 30 April,” ucap Nadia.

Hal ini lah yang membuat masyarakat harus semakin waspada dengan penyebaran virus corona, jangan sampai lengah. Karena virus bisa menyebar dengan sangat cepat. Hindari kerumunan dan selalu taati protokol kesehatan demi menciptakan keadaan yang selalu aman dan nyaman.

(AA)

Translate »