11 Makanan yang Bikin Awet Muda

Setiap manusia pasti akan tua, namun penuaan dini merupakan hal yang dihindari oleh banyak orang. Maka dari itu, ragam skin care anti penuaan dini laris di pasaran. Padahal ada banyak cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menghindari penuaan dini salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Dilansir dari healthline, berikut ini, 11 makanan yang bikin awet muda untuk Anda coba. Penasaran?

1. Minyak Zaitun

image: freepik

Ekstrak Virgin Olive Oil atau minyak zaitun dikenal sebagai salah satu jenis lemak baik yang bagus untuk dikonsumsi. Tak hanya untuk membantu agar Anda tidak mengalami penuaan dini, minyak zaitun juga bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, membantu mencegah sindrom metabolik dan mungkin efektif dalam melawan kanker.

2. Teh Hijau

sumber: honestdoc.com

Teh Hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga bisa membuat orang yang mengonsumsinya menjadi awet muda. Selain itu, antioksidan pada teh hijau juga dapat melawan diabetes, resistensi insulin, peradangan dan penyakit jantung.

3. Ikan

Freepik

Ikan yang memiliki banyak lemak sangat mengandung Omega-3 yang baik untuk kesehatan kulit. Salah satu jenis ikan berlemak yang bagus dikonsumsi adalah Salmon. Kandungan astaxanthin pada Salmon bisa membuat orang yang mengonsumsinya terlihat menjadi lebih muda.

4. Coklat Murni

Flavanols yang merupakan antioksidan di dalam coklat bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Sebuah studi mengatakan orang yang mengonsumsi banyak coklat murni bisa bertahan lebih lama berada di bawah paparan sinar matahari daripada yang tidak makan coklat.

Baca juga  Trik Menutupi Dark Circle dengan Cara yang Mudah dan Murah

5. Sayuran

image: freepik.com

Sudah pasti jenis makanan ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Sayuran juga memiliki zat karotenoid seperti beta karoten yang dapat melindungi dari radiasi matahari dan radikal bebas, keduanya zat ini dapat menyebabkan penuaan kulit.

6. Biji Rami

Biji rami kaya akan manfaat. Biji rami merupakan salah satu jenis biji-bijian utuh yang sering dijadikan tepung untuk mengolah makanan. Biji Rami mengandung lignan, yang dapat menurunkan kolesterol, mengurangi gula darah dan kadar insulin, sekaligus menurunkan risiko kanker payudara dan prostat.

7. Delima

Salah satu jenis buah yang kaya akan antioksidan adalah delima. Bahkan lebih banyak daripada teh hijau. Delima juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan dari segi kesehatan Delima bisa mengurangi peradangan, membantu mencegah kerusakan akibat kadar gula darah tinggi dan dapat meningkatkan hasil pada pasien dengan kanker usus besar.

8. Alpukat

image: pexels

Alpukat kaya akan lemak yang menyehatkan jantung, serat dan beberapa vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan. Selain itu, alpukat mengandung senyawa unik yang disebut alkohol lemak polihidroksilasi yang bisa melawan peradangan, melindungi kulit Anda dari sinar matahari dan membantu memperbaiki DNA yang rusak.

Baca juga  7 Makanan dan Minuman yang Bisa Tingkatkan Imun Tubuh Saat WFH

9. Tomat

Unsplash

Siapa yang tidak tahu manfaat tomat? Tentu salah satu jenis sayuran ini banyak digemari oleh khalayak karena rasanya yang unik, asem manis namun banyak memiliki manfaat untuk tubuh. Zat Likopen pada tomat adalah jenis karotenoid yang mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker prostat. Tentunya tomat bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari sehingga bisa awet muda.

10. Rempah-rempah

sumber : topcoffee.com

Bersyukurlah tinggal di Indonesia yang akan akan rempah-rempah. Tidak hanya untuk menambah kelezatan masakan, rempah-rempah juga sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit dan kesehatan tubuh Anda, lho Scarf Lover! Seperti kayu manis yang bisa meningkatkan kolagen di kulit sehingga membuat wajah Anda menjadi lebih kencang.

11. Bone Broth

image: freepik.com

Saripati pada tulang juga sangat bermanfaat untuk membuat Anda menjadi lebih muda. Kaldu tulang sangat kaya akan kolagen yang membuat kulit menjadi lebih kencang dan mengurangi keriput tanda penuaan dini. Saat dimasak, kolagen terurai menjadi gelatin, yang kaya akan asam amino glisin, prolin, dan hidroksiprolin. Tubuh Anda dapat menyerap asam amino ini dan menggunakannya untuk membentuk kolagen baru di kulit Anda.

Translate »