Dekranasda Week Festival (DWF) 2022, Memajukan Kerajinan Lokal Jakarta

Inovasi berkembangnya kebudayaan Jakarta

22

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengupayakan berbagai pelestarian dan pengembangan kebudayaan, khususnya budaya Betawi melalui hasil karya kreatif dari para pengrajin lokal di Jakarta. Berbagai program yang diselenggarakan oleh organisasi yang menjadi wadah pengembangan produk kerajinan sebagai ikon Jakarta, salah satunya adalah Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI.

Saat ini, Dekranasda DKI Jakarta yang diketuai oleh Istri Gubernur DKI yang sudah memiliki 470 anggota yang mengembangkan potensi kerajinan khas Betawi. Ragam motif yang dikembangkan antara lain Budaya khas Betawi, Flora Fauna Jakarta (Sirih Kuning, Bulus, Elang Bondol, Tapak Dara, Kembang Telang, Salak Condet, Monas, Burung Kipasan Belang, Kerak Nasi, Ondel-ondel, Kembang Kelapa, Gigi Balang, dan Kupu-kupu), dan Ikon Arsitektur khas Jakarta.

Pada tahun ini, Dekranasda DKI menghadirkan pagelaran kerajinan terbesar untuk merayakan usia 39 tahun melalui Dekranasda Week Festival (DFW) 2022 yang dilaksanakan selama 6 hari pada 31 Agustus-4 September 2022 di Main Atrium Mall Gandaria City, Jakarta. Melalui DFW 2022, diharapkan terus mengembangkan budaya Betawi dengan beragam karya kreatif yang dihasilkan oleh pengrajin dibina oleh Dekranasda DKI Jakarta.

Image: Dok. Redaksi

Selain itu juga, diharapkan kegiatan DFW 2022 ini mampu memberikan inovasi bagi kota Jakarta di bidang ekonomi kreatif dan memupuk semangat untuk bangkit lebih kuat setelah menghadapi pandemi. Ibu Fery Farhati selaku Ketua Dekranasda DKI Jakarta mengatakan “Setelah 2 tahun kita bersama melewati masa pandemi, hari ini kita bertemu dan menikmati langsung karya kreatif dari perajin Jakarta. Ini adalah wujud komitmen kita untuk membina perajin Jakarta sekaligus mendekatkan masyarakat untuk melihat langsung karya-karya kerajinan khas Jakarta.” Jelasnya dalam acara Opening Ceremony DFW 2022, di Mal Gandaria City, Jakarta.

Kegiatan DFW 2022 ini dimeriahkan dengan rangkaian acara, seperti talkshow, demo produk, lomba fashion show, dan live performance. Adapun berbagai tenant UMKM Jakpreneur di bidang kuliner, fesyen, craft, aksesoris dan lainnya.