Berdayakan UKM dari Rumah, Fery Farhati Ajak Pengrajin Tetap Produktif di Kala Pandemi

Muslimah Creative Stream Fest (MCSF) 2020 sukses digelar dan berhasil menghadirkan lebih dari 7 juta pengunjung dengan omset mencapai 4 milliar rupiah dalam waktu 4 hari. Kini MCSF 2021 yang dipersembahkan oleh Scarf Media kembali diadakan dengan opening virtual talk show  di Shopee Live oleh Fery Farhati, S.Psi, M.Sc, yang akan mengupas tuntas UKM dari rumah.

Fery merupakan istri dari Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Sebagai ibu rumah tangga beliau juga aktif berorganisasi. Salah satunya, Fery berkoordinasi dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi DKI Jakarta untuk memberdayakan UKM dari rumah di situasi pandemi. 

Dekranasda Jakarta menghadirkan pengrajin-pengrajin tanah air. Dimana, terdapat Koperasi Dekranasda DKI Jakarta (KODE) merupakan wadah usaha bersama berbentuk koperasi, yang diperuntukan bagi para pelaku usaha ekonomi kreatif di DKI Jakarta.

Adapun berbagai keuntungan yang diperoleh jika bergabung menjadi Anggota KODE, seperti mendapat kemudahan dalam kurasi, pelatihan dan pendampingan, pendanaan usaha, perizinan, serta promosi melalui toko digital milik KODE.

Selain produk kerajinan, terdapat pula produk makanan juga bisa didaftarkan. Untuk informasi selanjutnya Anda bisa mengunjungi https://linktr.ee/dekranasdadkijkt atau instagram @dekranasdadkijakarta dan @kode_dki_jakarta. 

Baca juga  Tradisi Henna Tattoo Saat Lebaran
Image: Shopee @ScarfMediaOfficial

“Alhamdulilah selama ini sudah berjalan dengan baik. Selain itu kita juga membuat wadah bagi para pengrajin tampil dan bisa dilihat oleh banyak orang di rumah. Dengan pelatihan-pelatihan kreativitas di rumah saja. Mungkin mereka menjadi guru secara online. Ibu-ibu membuat suatu yang sederhana yang dikerjakan di kelas kreatif di rumah,” jelas Fery kegiatan Dekranasda selain mengikuti virtual bazar di MCSF 2021.

Ia berharap dengan adanya Dekranasda, terciptanya kolaborasi besar antar berbagai pihak yang saling mendukung, saling belajar dan terus membuka kesempatan untuk berkreasi bagi para pengrajin serta bisa dipromosikan ke tahap yang lebih lanjut. 

Baca juga  3 Langkah Mudah untuk DIY Face Shield

Selain itu, ia juga bersyukur karena terdapat event menarik yang bisa merangkul brand UKM seperti Muslimah Creative Stream Festival 2021. Sehingga produk para pengrajin bisa dijangkau oleh masyarakat lebih luas. Hal ini mengingat situasi pandemi Covid-19 yang memang berdampak menyeluruh bagi para pengrajin ibu pertiwi.

Dalam MCSF 2021, Dekranasda mengirimkan 27 anggota yang ikut serta dalam acara ini. Nantinya akan ada virtual bazaar dan virtual fashion show Adreena by DWU & Batik Marunda dengan diskon hingga 50% serta masih banyak lagi brand-brand dari Dekranasda yang mewarnai semaraknya MCSF 2021. Anda bisa menonton melalui Shopee Live pada link berikut https://shopee.co.id/m/muslimah-creative-stream-fest-shopeelive?smtt=0.0.3

(BR)

Translate »