Tips Ajarkan Anak Menjadi Lebih Mandiri

Ketika anak-anak tumbuh dewasa, mereka pasti memiliki lebih banyak tanggung jawab. Anak Anda tidak hanya terus dalam bayang-bayang orang tuanya lagi. Anak-anak dapat mengembangkan ketidakberdayaan yang dipelajari.

Image : unsplash

Ketidakberdayaan yang dipelajari adalah ketika seorang anak tidak memiliki kemandirian dan tidak dapat atau tidak akan melakukan tugas yang sesuai dengan usianya. Agar anak Anda mendapatkan kepercayaan diri dan menjadi lebih bertanggung jawab, berikut tipsnya.

Buat daftar tugas
Buatlah daftar tugas yang harus dapat dilakukan anak Anda sendiri, seperti berpakaian atau menyimpan mainannya. Bicaralah dengan mereka tentang tugas mana yang menurut mereka dapat mereka lakukan. Jika mereka tidak yakin, minta mereka berlatih di depan Anda.

Baca juga  Tips Atasi Anak Rewel Saat Tumbuh Gigi

Jangan mengharapkan kesempurnaan

Sebagai anak-anak, mereka masih mempelajari keterampilan motoriknya, sehingga beberapa kecelakaan kecil mungkin terjadi. Jika mereka mengacau, cobalah untuk tidak mengkritik mereka. Sebaliknya, ajarkan dengan lembut cara yang benar untuk melakukan sesuatu. Jelaskan bahwa setiap orang membuat kesalahan, dan tidak ada seorang pun yang sempurna.

Baca juga  Tips Cara Membesarkan Anak Agar Lebih Bahagia

Berikan waktu yang cukup
Anak-anak cenderung membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas dibandingkan dengan orang dewasa. Beri mereka waktu yang mereka butuhkan untuk mencegah mereka menjadi stres. Saat mereka berlatih, mereka akan mendapatkan lebih cepat dalam tugas-tugas mereka. 

 

Itulah beberapa tips yang dapat membantu melatih anak Anda untuk menjadi lebih mandiri.

(HV)

Translate »