Tidak Hanya Atasi Stres, Ini Dia Manfaat Meditasi

Meditasi menjadi pilihan olahraga bagi beberapa orang. Selain menjaga kesehatan fisik, meditasi juga dapat menjaga kesehatan mental seseorang, Apalagi bagi yang rutin melakukannya. 

Bagi Scarflover yang belum tau apa itu meditasi, meditasi adalah bentuk teknik relaksasi yang berfokus dalam melatih konsentrasi dan pikiran agar diri bisa merasakan tenang dan damai. Untuk melakukan meditasi pun juga sangat mudah dan praktis. Tapi Anda tau tidak bahwa meditasi tak hanya dapat mengelola stres? Berikut adalah manfaat dari meditasi unutk kesehatan!

 

Meningkatkan kualitas tidur

Image: freepik

Orang yang rajin melakukan meditasi, biasanya akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Bahkan beberapa orang yang mengidap insomnia berhasil mendapatkan tidur yang lebih berkualitas karena melakukan meditasi.

Baca juga  Mana Lebih Baik, Nutrisi dari Makanan Asli atau Suplemen?

 

Mengatasi depresi dan rasa cemas

Karena stress sudah dikelola dengan baik, rasa cemas yang dialami akan dapat berkurang. Meditasi juga dapat mengurangi resiko terjadinya depresi. Hal ini dikarenakan pada saat melakukan meditasi, seseorang akan lebih tenang dan suasana hatinya berangsur-angsur membaik.

 

Meningkatkan konsentrasi

Menurut sebuah studi yang dikutip dari sehatq.com bahwa meditasi dapat memperpanjang kemampuan seseorang dalam memperhatikan dan berkonsentrasi. Ketika sudah terbiasa mengontrol diri pada saat meditasi, konsentrasi seseorang tidak akan mudah terganggu dan terdistraksi.

Baca juga  Kenali Jenis-Jenis Diet Beserta Manfaatnya

 

Memperkuat imun tubuh

Selain kesehatan mental yang terjaga, kesehatan fisik ketika melakukan meditasi juga ikut terjaga. Meditasi dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga antibodi yang dimiliki akan lebih tinggi. Hal ini juga dipercaya dapat mengusir penyakit yang akan masuk ke dalam tubuh.

 

Menurunkan tekanan darah

Karena badan yang rileks, meditasi dapat meredakan ketegangan pada jantung sehingga tekanan darah pun dapat diatur dengan baik. Orang yang memiliki tekanan darah tinggi seperti lansia disarankan untuk rajin melakukan meditasi.

(HV)

Translate »