Hal Yang Menyebabkan Penaikan Berat Badan Pada Bipolar Disorder

Kesehatan mental memang menjadi hal yang harus diperhatikan karena berpengaruh ke segala aspek kehidupan. Gangguan bipolar menjadi salah satu yang memengaruhi lebih dari sekadar suasana hati Anda.

image: unsplash

Dilansir dari healthline, penelitian pada tahun 2015 menunjukkan bahwa jika Anda memiliki gangguan bipolar, Anda mungkin memiliki risiko lebih tinggi terhadap kondisi kesehatan seperti, obesitas, stroke, penyakit jantung diabetes tipe 2.

Alasan yang mungkin untuk peningkatan risiko kesehatan ini adalah peningkatan perilaku menetap (aktivitas nonfisik) yang terkait dengan kondisi tersebut. Sebuah studi tahun 2017 dari orang yang hidup dengan penyakit mental menemukan bahwa mereka lebih banyak duduk daripada orang tanpa penyakit mental.

Baca juga  Pentingnya Mengonsumsi Garam Beryodium

Dalam beberapa kasus ini, kenaikan berat badan dapat disebabkan oleh penggunaan obat tertentu untuk gangguan bipolar. Obat-obatan dapat menyebabkan perubahan metabolisme yang mencegah tubuh Anda membakar kalori seefisien sebelumnya. Atau obat-obatan hanya bisa meningkatkan nafsu makan Anda.

Jenis obat berikut berpotensi
Beberapa obat menyebabkan penambahan berat badan seperti, antidepresan, antipsikotik, antidepresan-antipsikotik, dan kombinasi penstabil suasana hati.

Jika Anda merasa berat badan Anda tiba-tiba bertambah setelah memulai salah satu dari obat-obatan ini, bicarakan dengan dokter Anda. Jika Anda mengalami kenaikan berat badan yang tidak terkontrol, Anda mungkin perlu mencoba obat lain. Namun, jangan pernah berhenti minum obat atau mengubah dosis Anda tanpa berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Baca juga  Teh Fermentasi ini ternyata punya banyak manfaat

Olahraga dapat mengurangi risiko Anda terkena atau memperburuk masalah kesehatan lain yang terkait dengan gangguan bipolar. Ini dapat membantu Anda mengelola berat badan, dan mengurangi risiko stroke, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Dalam kasus lain, meningkatkan jumlah olahraga yang Anda lakukan dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Olahraga membakar kalori dan dapat membangun otot, yang keduanya dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

(HV)

Translate »