Bermain Game Memiliki Dampak Positif Bagi Anak!

Handphone menjadi medium yang dimiliki semua orang untuk digunakan setiap harinya. Sebagai orang tua, pastinya Anda juga tak luput tetap menggunakan handphone dalam menjalani keseharian  bersama anak.

image: unsplash

Penggunaan handphone juga membuat anak-anak ketagihan untuk memakainya setiap hari. Sebagai anak kecil, pastinya anak Anda menggunakan handphone untuk bermain games. Namun tanpa sadar, games bersifat addictive untuk anak. Sifat addictive tersebut terkadang membuat orang tua takut kalau anaknya tidak belajar dan hanya bermain games saja.

Scarflover tak perlu khawatir, ternyata bermain games memiliki manfaat untuk anak, loh! Berikut ini manfaatnya

Baca juga  Kesalahan yang Jarang Diketahui Saat Mencuci Pakaian Bayi

 

Melatih kecerdasan

Bermain games memang sangat menyenangkan, namun ternyata bermain games juga dapat melatih kecerdasan otak Si Kecil. Saat bermain games, anak membutuhkan keterampilan dan cara berpikir yang baik agar bisa memenangkan permainan.  Cara ini mendorong anak untuk dapat menyelesaikan permasalahan, melatih motorik halus, berpikir cepat, membuat analisa, dan melatih strategi.

 

Meningkatkan keterampilan sosial

Saat bermain game, anak pastinya belajar juga untuk berkomunikasi dan mengeluarkan pendapat apa yang ada dipikirannya. Melalui game, cara ini dapat  meningkatkan keterampilan sosial yang bisa merangsang komunikasi antara anak-anak dan membantu anak-anak berteman.

Baca juga  6 Aktivitas Motorik Kasar yang Baik untuk Anak

Ketika bermain game dengan temannya, mereka harus menegosiasikan aturan bermain dan bergiliran untuk terus bermain game.

 

Meningkatkan rasa percaya diri

Rasa percaya diri memang harus ditingkatkan sedini mungkin. Anda dapat memberikan sarana untuk anak Anda dalam meningkatkan rasa percaya dirinya. Dengan bermain games, anak dapat meningkatkan rasa percaya diri karena ia memiliki tanggung jawab dalam mengambil keputusan tanpa bantuan orang lain.  Dalam memecahkan solusi saat bermain games, hal inilah yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anak Anda.

 

(HV)

Translate »