Apakah Orang Tua Perlu Ikut Kelas Parenting?

Merawat anak merupakan pekerjaan orang tua, dan itu tidak mudah. Dalam membesarkan anak, orang tua perlu mengasuh dan mengajarkan hal-hal dengan benar. Terlebih lagi jika ini merupakan pengalaman pertama Anda sebagai orang tua dalam merawat anak. Pasti Anda membutuhkan informasi dan bantuan seputar mengasuh dan merawat anak dengan baik yang benar.

Teknologi yang semakin canggih memang membuat semua orang dapat menemukan jawabannya di internet. Kelas parenting secara online maupun offline juga akan membantu orang tua dalam hal mengasuh anak. Namun, apakah sebenarnya perlu orang tua mengikuti kelas parenting?

Image : unsplash

Saat orang tua mengikuti kelas parenting, mereka  akan mempelajari berbagai jenis pola asuh yang baik, cara komunikasi yang efektif dengan buah hati, dan menghadapi setiap perubahan dan perkembangan anak. Tidak hanya itu saja, sekolah parenting juga bisa mengajarkan bagaimana perawatan untuk bayi baru lahir, cara menyusuinya, bahkan pertolongan pertama saat anak sakit.

Baca juga  Anak Selalu Menangis Tanpa Alasan, Mengapa?

 

Lalu apakah harus  para orang tua ikut kelas parenting?

Kelas parenting bisa membantu para orangtua, apalagi bagi Anda yang baru pertama kali memiliki anak. Anda akan mengetahui banyak hal dan percaya diri saat mengasuh anak Anda dengan mengikuti kelas parenting ini. Tidak hanya mengajarkan bagaimana orang tua harus bertindak mengasuh anak, di kelas parenting juga diajarkan bagaimana orang tua perlu untuk  mengendalikan emosi dan stres yang dihadapi saat mengasuh anak.

Baca juga  5 Tips Aman Memilih Daycare

Selain itu, para orang tua juga dapat bertukar pikiran dan informasi mengenai pola mengasuh anak dengan antarorangtua lainya.

Kelas parenting memang sangat membantu para orang tua, namun hal ini  tidak berarti setiap orangtua wajib mengikuti kegiatan ini. Kelas parenting dibuat apabila Anda memang sangat membutuhkannya dan apabila Anda memiliki waktu luang untuk mengikuti kelas tersebut. Anda  juga tetap bisa mengetahui bagaimana mengasuh anak Anda dengan baik melalui internet, buku, dokter, maupun psikolog anak.

(HV)

Translate »