Tanda Anda Kekurangan Vitamin D

Vitamin D adalah vitamin yang sangat penting yang memiliki banyak fungsi penting di seluruh tubuh Anda. The Endocrine Society merekomendasikan agar kebanyakan orang dewasa mendapatkan 1.500–2.000 IU vitamin D setiap hari.

Vitamin D begitu penting untuk tubuh karena dapat mencegah keropos pada tulang, kanker, depresi, diabetes tipe 2, dan mampu menurunkan berat badan. Memiliki vitamin D yang cukup di tubuh Anda menjadi penting sekali agar tidak terkena beberapa penyakit.

image: unsplash

Untuk mengetahui apakah Anda kekurangan vitamin D atau tidak, dilansir dari healthline, berikut gejala kekurangan vitamin D.

 

Sering sakit
Salah satu peran vitamin D yang paling penting adalah menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat sehingga Anda mampu melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Secara langsung berinteraksi dengan sel-sel yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi.

Baca juga  Mengenal 4 buah yang Baik untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Jika Anda sering sakit, terutama karena pilek atau flu, kadar vitamin D yang rendah mungkin menjadi faktor penyebabnya. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D dengan dosis hingga 4.000 IU setiap hari dapat mengurangi risiko terkena infeksi saluran pernapasan.

 

Kelelahan
Usia yang tidak muda pasti sering membuat Anda merasa lelah. Namun rasa lelah juga  memiliki banyak penyebabnya,  kekurangan vitamin D mungkin salah satunya.

Baca juga  Tanda Dan Gejala Anda Kekurangan Zat Besi

Studi kasus menunjukkan bahwa kadar vitamin D dalam darah yang sangat rendah dapat menyebabkan kelelahan yang dapat memiliki efek negatif yang parah pada kualitas hidup. Kekurangan vitamin D juga berpengaruh pada kelelahan dan kualitas tidur yang buruk,  durasi tidur yang lebih pendek, dan waktu tidur yang tertunda.

 

Sakit tulang dan punggung
Vitamin D membantu menjaga kesehatan tulang dengan  meningkatkan penyerapan kalsium tubuh Anda. Nyeri tulang dan nyeri punggung bawah bisa terjadi karena kadar vitamin D yang tidak memadai dalam darah. Satu studi menemukan bahwa nyeri punggung bisa terjadi karena kekurangan vitamin D dalam tubuh.

(HV)

Translate »