Apakah Benar Vitamin D Bisa Bikin Kurus?

Manfaat Vitamin D

41

Salah satu Vitamin yang banyak dibicarakan di masa pandemi ini selain Vitamin C, adalah Vitamin D. Dikarenakan salah satu manfaat dari mengkonsumsi Vitamin D adalah meningkatkan kekebalan tubuh, yang mana sangat baik untuk melawan Covid-19.

Freepik

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak. Artinya, vitamin D dapat disimpan dan diambil kembali dari lemak tubuh.

Manfaat utama dari Vitamin D adalah menjaga kesehatan tulang, seperti mendukung pertumbuhan tulang. Mencegah tulang rapuh bahkan mencegah osteoporosis. Ini dikarenakan vitamin D sangat baik dalam membantu penyerapan kalsium di usus.

Namun, benarkah Vitamin D dapat membuat seseorang kurus?

Melansir dari fatkilla.id, asupan kalsium dan vitamin D ternyata dapat menurunkan nafsu makan berlebih pada orang obesitas, lho. Oleh karena itu, ketika seseorang mengkonsumsi vitamin D dan mengalami penurunan nafsu makan, tentunya angka timbangannya akan menurun.

Scarflover yang ingin mengkonsumsi Vitamin D, tidak perlu susah-susah mencarinya. Vitamin D banyak terdapat pada ikan seperti ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, dan minyak hati ikan kod. Vitamin D juga terdapat pada pada kuning telur, jamur, jeruk, susu sapi, susu kedelai bahkan pada sereal.

Lalu apa jadinya jika kita kekurangan vitamin D?

Ternyata, manfaat lain dari mengkonsumsi Vitamin D adalah memperkuat otot. Jika seseorang kekurangan vitamin D, ototnya bisa melemah. Akibat dari otot yang melemah adalah rentan terjatuh.

Yuk, mulai hidup yang lebih sehat dengan Vitamin D!

(NAR)