Hindari Penyakit Di Gusi Dengan Cara Ini!

Ketika berbicara tentang kesehatan mulut, bukan hanya tentang bentuk gigi yang bagus saja. Namun, ini juga mengenai gusi. Kesehatan gusi Anda juga perlu dijaga kesehatannya.

Penyakit di gusi biasanya ketika terjadi penumpukan plak  di bawah dan di sepanjang garis gusi. Plak adalah zat lengket seperti film yang diisi dengan bakteri. Ini dapat menyebabkan infeksi yang melukai gusi dan tulang, yang menyebabkan penyakit gusi dan kerusakan gigi. Penumpukan plak bisa menyebabkan gusi Anda merah, bengkak, meradang, bahkan rawan berdarah.

image: unsplash

Anda juga dapat mengembangkan periodontitis yang berdampak pada tulang yang menahan gigi Anda di tempatnya. Jika tidak diobati, dapat merusak gusi, tulang, dan jaringan yang terhubung ke gigi Anda.

Baca juga  Ketahui Macam-macam Vitamin Tubuh

Untuk merawat kesehatan gusi Anda, berikut ini caranya yang dilansir dari healthline.

 

Bersihkan gigi menggunakan benang gigi
Cara melindungi kesehatan gigi Anda yang pertama adalah dengan membersihkannya secara rutin dengan floss atau benang. Ini membantu menghilangkan plak dan makanan yang berada di luar jangkauan sikat gigi Anda.

 

Membersihkan gigi secara teratur
Penyakit di gusi biasanya diawali dengan perawatan kesehatan gigi yang kurang baik. Untuk itu, ada baiknya Anda membersihkan gigi secara teratur. Membersihkan gigi tidak hanya dengan menggosoknya setiap hari, namun Anda juga perlu pergi ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi yang ada.

Baca juga  Penyebab Anda Selalu Merasa Lelah

 

Gunakan pasta gigi berfluoride
Untuk melindungi gigi dari penyakit yang ada, ada baiknya Anda menggunakan pasta gigi berfluoride untuk melindunginya. Pasta gigi yang mengandung fluoride dapat melindungi gigi Anda dari kuman-kuman. Cara ini juga dapat melindungi gusi Anda dari penyakit yang ada.

 

Berhenti merokok
Apabila Anda seorang perokok, cara terakhir yang harus Anda lakukan adalah berhenti merokok. Merokok sangat terkait dengan timbulnya penyakit gusi, karena merokok dapat melemahkan sistem kekebalan Anda, itu juga membuat lebih sulit untuk melawan infeksi gusi, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

(HV)

Translate »