Bahaya Jika Bayi Menelan Pasta Gigi Terus-menerus

Pasta gigi anak memiliki berbagai macam rasa agar si anak tertarik untuk menyikat gigi. Namun, pada saat menyikat gigi anak malah menelan pasta gigi karena berbagai rasa yang anak sukai dan rasa yang beraroma buah membuat anak sering kali menelannya bukan membuang pasta gigi dari mulutnya.

Image : my.best

Scarflover apakah kebiasaan anak menelan pasta gigi ini akan membahayakan kesehatan bagi anak?. Pasta gigi anak memiliki kandungan fluoride yang rendah hingga tinggi. Fluoride sendiri berfungsi untuk melindungi permukaan gigi agar tidak mudah berlubang.

Akan tetapi, jika fluoride terlalu banyak tertelan maka bisa menyebabkan gangguan pada gigi dan masalah organ lainnya. Melansir dari healthline, inilah bahayanya.

Baca juga  Cara Mengatasi Tantrum Pada Anak

 

  • Keracunan

Pasta gigi anak dengan rasa bubblegum mengandung 143 mg fluoride. Kandungan ini dapat mematikan bagi anak kecil dengan berat badan kurang dari 30 kg. Anak yang keracunan fluoride dengan dosis 0,1–0,3 mg per kg berat badan berisiko mengalami gangguan kesehatan

 

  • Risiko Kanker Tulang

American Dental Association penggunaan pasta gigi berfluoride masih dalam perdebatan. Beberapa penelitian menunjukkan tidak ada hubungan sebab-akibat dari air minum yang mengandung fluoride dengan risiko kanker tulang.

 

  • Kerusakan Lapisan Enamel Gigi
Baca juga  3 Cara Mudah Kembangkan Empati Anak Sejak Dini

Hal ini bisa disebabkan si Kecil terlalu banyak menelan zat fluoride dalam pasta gigi, khususnya pada tahap pembentukan gigi di usia 0-8 tahun. Kondisi tersebut akan membuat anak menjadi tidak percaya diri terhadap gigi tetapnya, terutama saat memasuki usia remaja.

 

Scarflover dalam hal ini jika anak tidak sengaja menelan fluoride, National Capital Poison Center di Amerika Serikat menyarankan untuk memberikan susu, yoghurt, atau makanan lain yang mengandung kalsium. Mineral kalsium dapat mengikat fluoride di dalam perut sehingga mengurangi rasa sakit di perut.

 

 

(DT)

Translate »