Tips Cara Membesarkan Anak Agar Lebih Bahagia

Tips Untuk Orang Tua

10

Membesarkan anak-anak agar bahagia merupakan salah satu aspek pengasuhan yang paling berharga. Setiap orang tua pasti ingin memberikan anak-anak mereka masa kecil yang bahagia dan  mengarahkan mereka di jalan menuju kesuksesan di masa depan.

image: unsplash

Lalu bagaimana cara seseorang berhasil membesarkan anak yang bahagia? Dilansir dari thepillars, inilah tips unutk membesarkan anak agar lebih bahagia:

 

Menyediakan lingkungan rumah yang aman dan penuh kasih

Jalin hubungan yang kuat dengan anak-anak Anda dengan cara menghabiskan waktu bersama yang berkualitas. Ini akan membantu memastikan bahwa Anda meletakkan dasar untuk kehidupan yang dibangun di atas hubungan di mana mereka merasa dicintai, aman, dan diterima.

 

Melatih rasa syukur

Syukur adalah penangkal ampuh untuk perasaan negatif dan ketidakmampuan. Ajari anak Anda untuk mensyukuri hal-hal yang kita miliki, baik yang besar maupun yang kecil. Melakukannya adalah cara terbaik untuk menjalani kehidupan yang lebih bahagia.

 

Tetapkan aturan tentang waktu layar

Menonton televisi dan bermain video game selama berjam-jam mungkin tampak membuat anak Anda senang, tetapi terlalu banyak dapat merusak kesehatan dan kesejahteraan anak-anak. Alih-alih membiarkan anak Anda menghabiskan waktu berjam-jam tanpa berpikir untuk menonton TV, tetapkan batasan waktu layar di rumah Anda. Dorong anak-anak untuk terlibat dalam kegiatan yang lebih bermanfaat bagi pikiran dan tubuh mereka.

 

Dorong bermain di luar ruangan

Menghabiskan waktu di luar adalah bagian penting dari perkembangan kesehatan setiap anak. Ini juga memberi anak-anak banyak kesempatan untuk menggerakkan tubuh mereka sambil terhubung dengan alam.

 

Menikmati makan bersama

Makan bersama sebagai sebuah keluarga bisa menjadi ritual yang menyenangkan bagi keluarga dan salah satu yang dapat membantu Anda terhubung dengan anak-anak Anda. Ini adalah faktor penting lainnya dalam hal membesarkan anak yang bahagia. Meskipun jadwal kita sibuk, kita harus meluangkan waktu untuk berbagi makanan bersama keluarga sesering mungkin.

(NRN)