Pilihan Olahraga yang Aman Untuk Ibu Hamil

Kata siapa ibu hamil tidak boleh berolahraga? Olahraga malah menjadi sesuatu yang baik loh untuk ibu hamil! Selain untuk menjaga kesehatan diri dan kebugaran badan. Tetapi memang untuk ibu yang sedang hamil ada beberapa hal yang harus dihindari dan tidak semua olahraga bisa dilakukan.

image: pexels

Coba tengok olahraga apa yang aman untuk Anda yang sedang mengandung.

 

Senam Hamil

Pada saat hamil, otot-otot di tubuh menjadi tegang dan senam hamil dapat mengatasinya. Senam ini didesign dan dimodifikasi untuk ibu yang sedang hamil. Walaupun bisa dilakukan secara mandiri, lebih baik untuk mengikui kelas khusus dengan instructor yang professional.

Baca juga  Ini Dia Posisi Tidur Terbaik Untuk Ibu Hamil

 

Pilates

Pilates menjadi salah satu olahraga yang aman untuk dilakukan apalagi pada awal kemahilan. Dapat mengatasi nyeri pada punggung karena latihan yang bertumpu pada keelastisan dan kelenturan otot. Perhatikan gerakan saat melaukan pilates dan jangan memaksakannya!

 

Jalan Kaki

Olahraga yang sangat mudah dan ringan untuk dilakukan. Rutinlah untuk berjalan kaki selama 30 menit di pagi atau sore hari. Dengan berjalan kaki Anda dapat melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup juga ya!

 

Baca juga  5 Buah yang Baik untuk Ibu Hamil dan Perkembangan Janin

Yoga

Olahraga ini cocok untuk mempersiapkan diri menuju persalinan. Mempersiapkan pinggul untuk melahirkan dan juga melatih kekuatan pernafasan dan keseimbangan. Yoga juga dapat membuat ibu hamil lebih rileks. Sama seperti pilates, hindari beberapa gerakan dalam yoga yang akan menyebabkan kelelahan berlebih. Akan lebih baik lagi ketika Anda didampingi oleh pelatih.

 

Berenang

Alternatif untuk Anda yang kurang suka dengan kegiatan yang menyebabkan keringat belebih. Berenang akan membantu melatih pernafasan dan juag merenggangkan otot-oto pada tubuh.

Nah, jadi gak ada alasan lagi ya untuk ibu yang sedang hamil untuk tidak berolahraga!

(MH)

Translate »