5 Buah yang Baik untuk Ibu Hamil dan Perkembangan Janin

201

Ibu hamil sangat baik mengkonsumsi buah. Dengan mengkonsumsi buah-buahan dapat mencukupi kebutuhan nutrisi untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.  Setiap ibu hamil pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk perkembangan sang janin. Tapi bingung mengkonsumsi buah apa? Berikut 5 buah yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan perkembangan janin.

  • Jeruk

Jeruk dikenal akan vitamin C dan air. vitamin c dan air dapat membantu mencegah kerusakan sel, membantu penyerapan zat besi, membantu pertumbuhan tulang janin dengan baik dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jeruk juga mengandung folat yang sangat penting untuk mencegah terjadinya kerusakan otak dan sumsum tulang belakang pada janin.  Mengkonsumsi jeruk juga dapat membantu pencernaan ibu hamil dan mencegah mual di pagi hari.

  • Apel

Apel mengandung serat yang sangat tinggi untuk membantu mengatur pencernaan dan mencegah wasir. Keduanya itu merupakan masalah umum yang sering dihadapi oleh para bumil. Apel juga baik untuk membantu pertumbuhan janin karena kandungan vitamin A, C, dan kalsium. Sebuah studi mengungkapkan ibu yang mengkonsumsi apel saat hamil dapat mengurangi kemungkinan bayi yang terserang asma dan alergi.

image: pexels
  • Pisang

Pisang merupakan sumber kalium yang sangat bagus. kalium dapat membantu mengatur cairan dan tekanan darah dalam tubuh ibu hamil serta mencegah kram kaki atau nyeri selama akhir kehamilan. Pisang juga memiliki kandungan vitamin B6 yang berguna untuk meredakan mual dan muntah pada awal kehamilan. Tingginya serat dalam pisang mampu mengatasi sembelit selama masa kehamilan.

  • Alpukat

Buah yang satu ini kaya akan kandungan folat dibandingkan dengan buah lainnya. Alpukat mengandung vitamin C, B, E, K, lemak tak jenuh tunggal, kalium, kolin, magnesium serta serat. lemak sehat yang terkandung di dalamnya memberikan energi dan membantu mencegah terjadinya cacat tabung saraf. Lemak sehat juga meningkatkan sel-sel yang bertanggung jawab untuk membangun jaringan kulit dan otak bayi yang sedang berkembang. Kalium pada alpukat juga dapat membantu meredakan kram di kaki yang biasanya disebabkan oleh rendahnya kalium dan magnesium dalam tubuh.

  • Beri-berian

Buah seperti stroberi, blueberry, raspberry dan segala beri lainnya kaya akan antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit serius pada ibu dan janin. Buah beri juga memiliki kandungan vitamin C, karbohidrat, serat, dan air yang banyak. Air dan vitamin C dalam beri dapat memberikan sumber hidrasi dan meningkatkan sistem imun tubuh. Karbohidrat dalam beri memberikan energy pada ibu dan dengan mudah melewati plasenta anda untuk memberikan janin makanan.

(JH)