Ini Dia Posisi Tidur Terbaik Untuk Ibu Hamil

Ikuti Posisi Ini Saat Anda Tengah Hamil

12

Perjalanan kehamilan sembilan bulan merupakan perjalanan yang naik turun untuk dilewati. Ini adalah berkah dan waktu yang menyenangkan bagi keluarga karena mereka akan menyambut anggota terbaru. Namun, perjalanan itu memiliki bagian masalahnya sendiri.

image: unsplash

Kehamilan menyebabkan ketidaknyamanan, terutama saat tidur. Posisi di mana Anda tidur selama kehamilan penting untuk bayi Anda. Dengan benjolan bayi yang sedang tumbuh, menemukan posisi tidur yang nyaman dapat menjadi tantangan.

Tidak menemukan posisi yang nyaman untuk tidur dapat menyebabkan kurang tidur sehingga meningkatkan risiko komplikasi, termasuk preeklamsia (tekanan darah tinggi). Tidur yang cukup selama kehamilan penting untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi.

Dilansir dari Indian Times, menurut para ahli, tidur menyamping  adalah posisi tidur terbaik selama kehamilan, karena memberi Anda dan bayi Anda sirkulasi darah yang baik. Saat bayi tumbuh, ia menjadi kurang nyaman di dalam rahim. Ini membuatnya kurang aman untuk tidur tengkurap dan telentang. Jadi, pastikan untuk mulai tidur dengan posisi tidur menyamping. Posisi ini juga membantu mengurangi tekanan pada pembuluh darah dan organ dalam. Tidur di sisi kiri juga baik karena meningkatkan darah dan nutrisi, yang mencapai plasenta dan bayi Anda. 

Berikut adalah posisi terbaik untuk ibu hamil untuk tidur:

  1. Usahakan agar kaki dan lutut tetap menekuk dengan meletakkan bantal di antara kedua kaki untuk mengurangi tekanan pada punggung Anda
  2. Orang yang menderita sakit punggung mencoba posisi ini dengan meletakkan bantal di bawah perut mereka untuk meredakannya.
  3. Jika Anda mengalami sakit maag saat tidur, Anda bisa mencoba menopang tubuh bagian atas dengan penyangga bantal.
  4. Selama bulan ke-3, seseorang dapat mengalami masalah pernapasan. Ini dapat dihindari dengan berbaring miring atau mengambil dukungan bantal.

(NRN)