Perlu Tahu! Bahaya Gonore Bagi Bayi dan Kehamilan

Scarflover, pernahkah Anda melihat bayi yang memiliki kerak pada mata atau belek diikuti dengan mata bengkak dan kemerahan? Jangan sepelekan, karena hal ini merupakan gejala dari Gonore.

Kencing nanah atau gonore adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini paling sering menular melalui hubungan intim, termasuk seks oral dan seks anal. Seseorang akan mudah terkena gonore apabila sering berganti-ganti pasangan.

Courtesy of Instagram @babychanco

Gonore dapat terjadi pada pria maupun wanita, namun dengan gejala yang berbeda. Scarflover harus berhati-hati karena berbeda dengan pria, gonore pada wanita justru tidak memiliki gejala sama sekali dan jika tidak ditangani dengan benar dapat menular kepada bayi ketika proses persalinan.

Baca juga  Pentingnya Tidur Sehat pada Bayi bagi Perkembangan Otak

Ciri utama bayi yang terjangkit gonore adalah terdapat kerak atau belek di bagian mata bayi, dan sesekali mata bayi bisa bengkak dan memerah. Penyakit gonore dapat ditangani dengan pemberian antibiotik, karena penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri.

Ketika menemukan gejala ini pada bayi, berkonsultasi kepada dokter sangatlah dianjurkan. Namun, bukan hanya bayi yang harus diobati, orang tua dari bayi juga perlu dilakukan tes dan perawatan, karena pada dasarnya gonore pada bayi ditularkan oleh ibu pada proses persalinan.

Baca juga  Deteksi Dini Proses Persalinan Caesar Dengan Tes Potensi Caesar 2.0.

Seseorang yang sudah pernah terkena gonore tidak tertutup kemungkinan terjangkit untuk kedua kalinya.

 

 

(NAR)

Translate »