Ciptakan Antibodi, Inilah Manfaat Pemberian ASI Eksklusif pada Bayi

Mencegah Dari Berbagai Penyakit

29

Selain memberikan nutrisi, pemberian ASI pada bayi menyusui juga dapat menciptakan sebuah antibodi. Kandungan imunoglobulin dari antibodi yang ada dalam ASI memberikan kekebalan pada tubuh bayi. Bukan hanya itu, Antibodi ASI juga memberikan banyak manfaat lainnya, lho. Salah satunya yaitu dapat mengurangi risiko penyakit yang diderita bayi.

image: foodsafetynews.com

Melansir dari healthline.com, berikut rangkuman risiko penyakit yang ada.

 

Pilek dan flu

Sebuah penelitian mengatakan bahwa, bayi yang menyusui secara eksklusif memiliki peluang lebih besar dalam membentuk kekebalan tubuh terhadap flu. Bayi menyusui selama 6 bulan juga dianggap dapat mengurangi risiko terpapar virus saluran pernapasan atas hingga 35 persen.

 

Infeksi saluran pernapasan

Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan atau lebih mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan pada anak usia 4 tahun. Sebab kandungan imunoglobulin yang membentuk antibodi membuat bayi kebal terhadap paparan virus penyebab infeksi.

 

Infeksi usus

Bagi bayi yang menyusui selama 4 bulan atau lebih memiliki infeksi saluran pencernaan yang lebih rendah. Bayi menyusui juga mengalami penurunan 50 persen terkena diare dan penurunan 72 persen kasus bayi yang dilarikan ke rumah sakit akibat diare.

 

Penyakit radang usus

Menyusui juga dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya penyakit radang usus atau Inflammatory bowel disease (IBD) dini hingga 30 persen. Meski demikian, peneliti mencatat bahwa dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi efek dari penyakit ini.

 

Diabetes

Menurut data dari penelitian, risiko bayi menyusui terkena diabetes tip 2 berkurang hingga 35 persen. Tetapi, 3 dari 11 penelitian dinyatakan masih berisiko terkena dengan pengurangan sebesar 24 persen.

 

Leukemia masa kecil

Pemberian ASI eksklusif pada bayi menyusui juga dapat menurunkan penyakit leukemia. Dengan waktu menyusui selama 6 bulan dapat berarti penurunan 20 persen risiko leukemia pada masa kanak-kanak.

 

Obesitas

Bayi yang disusui secara eksklusif memiliki peluang 13 persen lebih rendah mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

 

Itu lah beberapa manfaat dari ASI bagi bayi menyusui. Ketika sang ibu terkena penyakit, ASI tersebut berubah menjadi antibodi spesifik yang dibutuhkan bayi untuk melawan risiko penyakit di atas.

(IN)