Ini Dia Efek Buruk Melewatkan Kebiasaan Sarapan!

Dapat Menimbulkan Berbagai Penyakit!

16

Anda pasti sudah sering mendengar berbagai penjelasan terkait pentingnya sarapan. Sayangnya, sampai saat ini masih banyak lho yang tetap menyepelekan hal ini dengan alasan terlalu sibuk, masih belum lapar dan yang lainnya.

image: unsplash

Padahal, dengan sarapan Anda akan memiliki banyak energi untuk melaksanakan berbagai tugas sepanjang hari. selain itu, melewatkan sarapan bisa menimbulkan beberapa kerugian bagi kesehatan tubuh lho Scarflover.

Dikutip dari Halodoc, berikut beberapa efek buruk yang ditimbulkan akibat melewatkan kebiasaan sarapan!

 

 

Meningkatkan Risiko Obesitas

 

Salah satu dampak buruk melewatkan sarapan adalah kenaikan berat badan. Sebagaimana studi dalam Arab Journal of Nutrition and Exercise, menunjukan bahwa melewatkan sarapan dikaitkan dengan risiko kelebihan berat badan atau obesitas pada anak-anak dan remaja di Arab Saudi. Melewatkan sarapan dapat membuat seseorang makan siang berlebihan. Semakin tinggi rasa lapar, semakin tinggi jumlah makanan yang dikonsumsi.

 

 

Meningkatkan Risiko Masalah Jantung

 

Menurut studi dari Universitas Harvard, pria yang melewatkan sarapan memiliki risiko 27 persen lebih besar terkena serangan jantung atau penyakit jantung, daripada mereka yang memiliki kebiasaan sarapan. Selain itu kenaikan berat badan yang disebabkan melewatkan sarapan akan mempengaruhi kinerja jantung.

 

 

Tidak Produktif

 

Tubuh terutama otak tak memiliki “bahan bakar” untuk beraktivitas atau bekerja bila tidak sarapan. Sementara sarapan adalah cara tepat untuk memberi nutrisi ke otak. Maka, ketika Anda melewatkan sarapan, gula darah mengalami penurunan dan bisa mempengaruhi fungsi kognitif.

 

 

Meningkatnya Hormon Kortisol

 

Menurut studi pada 2014 dari University of California, menunjukkan wanita yang melewatkan sarapan memiliki kadar kortisol (hormon stres) yang lebih tinggi.  Kortisol sendiri memiliki fungsi untuk membantu tubuh mengolah gula dan lemak menjadi energi. Bila Anda tidak sarapan, maka kadar kortisol akan terus meningkat dan membuat Anda lebih mudah cemas dan gelisah.

Nah itu dia Scarflover, yuk mulai saat ini rutin memulai hari dengan sarapan!

(CD)