Cek Kondisi Kesehatan Bayi dari Warna BAB Mereka

Kotoran bayi bisa menjadi petunjuk kondisi kesehatan mereka. Bayi Anda akan mengalami perubahan warna kotoran, terutama saat pola makan mereka berubah di tahun pertama.

Closeup of baby’s legs while standing

Penting juga untuk diketahui bahwa BAB normal orang dewasa tidak akan sama dengan kotoran yang dialami bayi, termasuk warna dan tekstur kotoran tersebut. Buat Anda yang belum memahami arti warna kotoran bayi, berikut ulasan lengkapnya. Yuk simak dan pahami ya!

 

  1. BAB hitam

Untuk bayi yang baru lahir, kotorannya cenderung berwarna hitam dengan konsistensi seperti lengket. Hal ini disebut mekonium atau kondisi feses bayi baru lahir. Mekonium ini terdiri dari bahan-bahan yang dicerna bayi saat berada di dalam rahim,  berisi lendir, sel-sel kulit, dan cairan ketuban. Jenis kotoran ini biasanya tidak bertahan lebih dari beberapa hari.

Baca juga  Panduan Orang Tua tentang Cara Toilet Training

 

  1.   BAB kuning mustard

Setelah melewati mekonium, kotoran bayi mungkin berubah warna menjadi kuning mustard. Jenis kotoran ini paling umum ditemukan dan terbilang normal dialami bayi yang sedang menyusui.

 

  1.   BAB kuning cerah

Hampir sama dengan warna kuning mustard, kotoran kuning cerah juga dianggap normal pada bayi menyusui. Namun, perlu diperhatikan kotoran kuning cerah yang terlalu encer atau berair bisa jadi pertanda diare. Diare pada bayi dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

 

  1.   BAB oranye

Kotoran oranye berasal dari pigmen saluran pencernaan bayi. Hal ini termasuk normal, dan sering terjadi pada bayi yang diberi ASI dan susu formula.

 

  1.   BAB Merah
Baca juga  Manfaat Pijat Laktasi untuk Ibu Menyusui

Terkadang kotoran warna merah bisa berasal dari makanan atau minuman yang bayi konsumsi. Kotoran merah juga bisa berarti bahwa ada darah dalam buang air besar karena infeksi yang harus segera ditangani dokter.

 

  1.   BAB coklat kehijaun

Susu formula bisa menyebabkan perubahan warna kotoran bayi menjadi kombinasi coklat kehijauan dan kuning. Kotoran ini juga lebih keras daripada bayi yang menyusu melalui ASI.

 

  1.   BAB putih

Kotoran warna putih bisa menandakan bahwa bayi Anda tidak memproduksi cukup empedu di hati untuk membantu mereka mencerna makanan dengan benar Ini bisa menjadi masalah yang serius. Jenis kotoran putih apa pun harus segera ditangani dan konsultasikan ke dokter.

 

(IN)

Translate »