Cara Tepat untuk Atasi Diare

Diare merupakan masalah pada pada pencernaan Anda, biasanya diare jadi mengharuskan Anda untuk bolak balik masuk ke toilet karena buang-buang air. Gejala umumnya bisa ditandai dengan tinja berair,kram perut, dan kembung.

Melansir healthline.com, biasanya diare akut berlangsung kurang dari 2 minggu dan penyebabnya pun bermacam-macam, contohnya infeksi virus, infeksi bakteri, keracunan makanan, penggunaan antibiotik baru-baru ini, air yang terkontaminasi dengan agen infeksi

Diare bisa terjadi pada siapa saja terutama anak-anak, yang dinamakan diare infeksiosa, penyebabnya adalah virus. Bisa juga para traveller mengalami diare. Penyebabnya adalah daerah yang Anda kunjungi memiliki air yang kurang bersih atau pun tidak cocok dengan makanan yang ada disana sehingga pencernaan terganggu

Ada beberapa cara paling efektif untuk mengatasi diare, diantaranya.

  1. Hidrasi

Masalah pencernaan seperti diare biasa disebabkan karena dehidrasi. Caranya bisa diatasi dengan menambah hidrasi. Dehidrasi akibat diare dapat berakibat fatal pada anak kecil dan orang dewasa. Jadi usahakan untuk selalu menjaga kandungan hidrasi pada tubuh, minum air putih yang banyak secara teratur. Dilarang untuk konsumsi susu ataupun minuman berkarbonasi atau berkafein karena dapat memperburuk gejala Anda.

  1. Probiotik
Baca juga  Luxury Brand Chanel akan Produksi Alat Perlindungan Diri
image: freepik.com

Probiotik memang bisa menjadi solusi bagi Anda penderita diare. Karena probiotik merupakan sumber bakteri baik yang bekerja pada saluran usus dan dapat melindungi usus dari infeksi diare. Ada bisa coba konsumsi makanan dan minuman yang mengandung probiotik seperti yogurt, keju kefir, kimchi ataupun acar.

  1. Makanan yang Bisa Dimakan untuk Atasi Diare
image: freepik.com

Meskipun mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi untuk makan jika Anda mengalami diare, makan makanan tertentu dapat membantu mengurangi gejala diare Anda Makanlah makanan rendah serat yang akan membantu mengencangkan feses Anda, contohnya seperti pisang, nasi (putih), roti panggang

Baca juga  Ini Dia Alasan Mengapa Gigi Anda Terasa Nyeri

Makanan lain yang biasanya ditoleransi dengan baik ketika mengalami diare termasuk havermut, kentang rebus atau panggang (dengan kulit dikupas), ayam panggang dengan kulit dihilangkan, sup ayam (yang juga membantu rehidrasi)

  1. Makanan yang Harus Dihindari
image: freepik

Kalau bahasan sebelumnya adalah makanan yang harus dimakan, sekarang membahas yang sebaliknya. Jika Anda sedang mengalami diare, kurangi mengonsumsi makanan yang digoreng dan berminyak. Anda juga harus hati-hati pada makanan yang berserat tinggi seperti buah-buahan dan sayuran yang dapat meningkatkan kembung. Makanan yang harus dihindari termasuk pemanis buatan (ditemukan dalam permen karet, minuman ringan diet dan pengganti gula), kacang polong, beri, brokoli, kubis, kol, buncis, kopi, jagung, es krim, sayuran berdaun hijau, susu, kacang polong, paprika, teh. (AA)

Translate »