Agar Tetap Halal, Ini Dia Bahan Pengganti Rum yang Bisa Anda Gunakan Untuk Memasak!

Pernahkah Scarflover bingung ketika membuat kue namun resepnya harus menggunakan rum? Sejumlah masakan terutama Chinese atau Western umumnya sering menambahkan rum sebagai salah satu komposisinya. Bukan tanpa alasan jika Anda sebagai seorang muslim bingung untuk mencari bahan penggantinya, sebab rum sendiri merupakan bahan yang mengandung alkohol cukup tinggi dan dilarang oleh Islam.

Makanan asli menjadi nutrisi yang bak untuk tubuh. (image: freepik.com)

Nah, Anda gak perlu khawatir, ternyata ada bahan pengganti rhum yang sama sekali gak mengandung alkohol tapi cita rasanya mirip dan tetap bikin masakan lezat lho, seperti bahan-bahan berikut!

 

Sari Apel

Rum ini biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai macam kue seperti blackforest atau isian kue sus. Nah, Anda bisa mengganti rhum baik dalam kue maupun makanan dengan sari apel serta tambahan ekstrak kacang almond. Rasa asam manis dan harumnya rum hampir mirip dengan sari apel sehingga mampu menajamkan aroma kue. Anda bisa memakainya dengan porsi yang sama dengan resep atau sedikit lebih banyak.

Baca juga  Waktunya Bersinar dengan Kosmetik BTS x VT Cosmetics

 

Simple Syrup

Salah satu alternatif yang paling aman sebagai pengganti rhum adalah menggunakan simple syrup atau pemanis buatan sederhana yang bisa Anda buat sendiri. Untuk membuatnya Anda hanya memerlukan 100 gram gula pasir  dan 100 ml air yang dimasak keseluruhan hingga gula tersebut larut.

Baca juga  Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik!

Selain tidak mengandung alkohol, simple syrup juga berfungsi sebagai penguat rasa dan pemanis yang cukup strong, sehingga dapat memberikan aroma yang harum pada kue atau masakan.

Namun, selain sari apel dan simple syrup diatas, Anda juga bisa menggunakan berbagai macam jus yang memiliki rasa dan aroma kuat sebagai pengganti rum, seperti jus nanas, white grape juice, hingga perasan air lemon.

(CD)

 

Translate »