Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik!

Tanaman sangat dikenal dengan manfaatnya untuk mempercantik dekorasi rumah, padahal sebenarnya beberapa jenis tanaman tertentu memiliki banyak manfaat lainnya. Manfaatnya pun sangat beragam, ada yang bisa dijadikan sebagai bahan pangan, sebagai tanaman obat, sampai bisa dijadikan sebagai pengusir serangga. 

Termasuk nyamuk, serangga yang bisa membawa penyakit berbahaya seperti malaria dan demam berdarah. Apabila Anda ingin melindungi diri dan keluarga di rumah dengan cara alami, menanam tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi salah satu solusinya.  

Berikut 5 rekomendasi tanaman pengusir nyamuk terbaik. 

1. Lavender

Image: pixabay

Salah satu jenis tanaman yang sudah dikenal oleh banyak orang ini ternyata bisa mengusir nyamuk. Ekstrak lavender sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan lotion anti nyamuk ataupun sebagai bahan dasar aromaterapi. 

Aroma dari lavender dapat membuat suasana menjadi tenang dan rileks bagi manusia. Sebaliknya, bagi nyamuk lavender dapat menghambat kemampuannnya untuk mencium aroma tubuh manusia. 

Baca juga  Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Divaksin

2. Serai

Image: unsplash

Salah satu tanaman rempah yang sudah tidak asing lagi karena sering menjadi penyedap rasa makanan dan minuman ini ternyata bisa mengusir nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk berbentuk seperti rumput liar ini memiliki aroma menyengat yang tidak disukai nyamuk. 

Anda bisa meletakkan tanaman serai dalam pot di teras rumah untuk mencegah datangnya nyamuk. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkannya sebagai bahan penyedap rasa. 

3. Rosemary

Image: pixabay

Sama seperti serai, selain bisa digunakan untuk bumbu masakan rosemary merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk terbaik. Bunga rosemary memiliki aroma seperti minyak kayu putih atau minyak telon yang tidak disukai nyamuk.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan pada musim panas atau hujan, sehingga sangat cocok dijadikan tanaman hias outdoor ataupun indoor. 

4. Catnip

Image: pixabay

Mungkin Anda sudah sering melihat tanaman ini namun belum mengetahui namanya. Tanaman catnip mengandung minyak nepetalactone yang sangat tidak disukai nyamuk, oleh karena itu tanaman catnip termasuk ke dalam tanaman pengusir nyamuk.

Baca juga  Apa Manfaat Rolling Busa Pada Saat Olahraga?

Sebuah penelitian di Lowa State University menyatakan bahwa tanaman ini sepuluh kali lebih efektif daripada Diethyl-meta-toluamide (DEET), bahan kimia yang sering digunakan sebagai obat pengusir serangga.

5. Geranium

Image: pixabay

Tanaman hias yang terkenal dengan sebutan tapak dara ini memiliki kandungan geraniol dan sitronelol yang aromanya tidak disukai nyamuk. Namun, aromanya bisa menjadi obat relaksasi dan stress alami bagi manusia.  

Geraniol memiliki banyak varian dengan bunga yang cantik, sehingga sangat cocok untuk Anda tanam dan dijadikan sebagai dekorasi rumah. 

Nah, Itulah beberapa tanaman yang bisa mengusir nyamuk secara alami. Gimana scarf lover, tertarik untuk mengoleksi tanaman diatas? Segera dapatkan bibitnya di toko-toko tanaman terdekat ya, selamat mencoba. (PR)

Translate »